Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Kabid UKM Dinas Koperasi Langkat : Batik Asli Langkat Layak Diangkat

Senin, 15 Maret 2021 | 13.04 WIB
Kali Dibaca |



Langkat, Mertokampung.com
Ternyata di Lingkungan I Tegal Rejo, Kelurahan Pekan Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, ada pengrajin tenunan batik tulis yang dibina oleh Bidang UKM Dinas Koperasi Kabupaten Langkat. Batik - batik yang ditenun tersebut memiliki motif - motif Khas Melayu Langkat, seperti motif bunga kangkung, tepak, impian sehari dan lain-lain.
     
"Batik ini bisa menjadi ciri khas batik Melayu dari Langkat yang dapat kita perkenalkan kepada masyarakat luas, untuk menunjukkan bahwa Melayu Langkat memiliki batik yang tak kalah dengan batik dari daerah-daerah lain di Indonesia," ungkap Kabid UKM Dinas Koperasi Kabupaten Langkat Rica Nerita Vera S,Sos mewakili kepala Dinas Koperasi Langkat saat meninjau pengerajin batik tulis Adinda, Rabu (11/03/2021)yg lalu.
     
Rica Nerita Vera S,Sos berharap semoga seluruh elemen masyarakat Kabupaten Langkat, Intansi Pemerintahan dan Bupati Langkat Terbit Rencana PA SE dapat mendukung ini karena selain dapat memperkenalkan batik asal Langkat kepada masyarakat luas, kita juga telah membuka lapangan pekerjaan baru dan dapat meningkatkan perekonomian para pelaku usaha konveksi dan pengerajin batik yang ada di Langkat.
     
Dra.Lailun Purnama M,Pd pengerajin batik tulis Adinda  mengatakan untuk membuat sehelai kain memakan waktu satu minggu. Ilmu membatik didapatnya dari pulau Jawa dan dia sendiri mengaku telah mendidik lebih dari seratus orang.
     
Turut hadir Mendampingi Kabid UKM Dinas Koperasi Kabupaten Langkat saat itu Kasi Kewirausahaan dan Teknologi, Fitri Suheni ,Kasi Kemitraaan dan Fasilitasi Taruli Pardamean serta Kasi Informasi dan Pemasaran Rini Singarimbun dan staf.(sr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru