Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Ketua DPRD dr Riski Rapat Virtual Bahas Penyampaian Draft Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Sabtu, 20 Maret 2021 | 10.28 WIB
Kali Dibaca |



Sergei, metrokampung.com
Ketua DPRD Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan mengikut rapat secara virtual dalam rangka Pembahasan Penjabaran Visi-Misi Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2021-2026 ( Mandiri, Sejahtera dan Religius) dan penyampaian Draft Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2021-2026, bertempat diruang kerjanya, Jumat (19/3). 

Dalam kesempatan itu Ketua DPRD Sergai dr Riski Ramadhan Hasibuan menyampaikan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD, RTRW dan RPJMN.





Penyusunan rancangan awal RPJMD merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD dengan berpedoman pada visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih, jelasnya.

Oleh karenanya, lanjut dr Riski, pembahasan penjabaran visi-misi Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2021-2026 ( Mandiri, Sejahtera dan Religius) pada hari ini merupakan momentum penting bagi Kabupaten Serdang Bedagai guna terwujudnya Tanah Bertuah Negeri Beradat yang mandiri dengan masyarakatnya yang sejahtera dalam bingkai kehidupan yang religius.

Walaupun sesungguhnya kita menyadari untuk mewujudkan visi ini tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan. Karena kita sama-sama mengetahui bahwa kondisi keuangan Kabupaten Serdang Bedagai hampir 90 % masih bergantung kepada anggaran yang bersumber transfer Pemerintah pusat maupun bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi, paparnya lagi. 

Lebih lanjut dikatakan Politisi muda asal Gerindra itu, pertumbuhan APBD kita selama 5 tahun terakhir masih bersifat statis. Angka kemisikinan kita masih cukup tinggi yaitu hampir mencapai 8 % jauh dibawah Kabupaten Deli Serdang yang angka kemiskinannya sudah mencapai 3%. 

Rata-rata lama sekolah baru mencapai 8,53 yang berarti secara rata-rata penduduk Serdang Bedagai baru menempuh pendidikan hingga 8,51 tahun atau setara dengan mencapai SMP Kelas II dan III.

Sementara harapan lama sekolah baru mencapai 12,59 yang berarti anak berusia 7 tahun Serdang Bedagai yang masuk dunia pendidikan baru mampu bersekolah hingga 12,57 tahun atau mencapai SMA Kelas III, bebernya.

Oleh karenanya, katanya,  kita berharap pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dibawah kepemimpinan Bupati/Wakil Bupati terpilih H. Darma Wijaya dan H. Adlin Umar Yusri Tambunan dapat menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2016-2021 dengan prinsip-prinsip transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel,  partisipatif, terukur, berkeadilan, berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan benar –benar dapat dilaksnakan.

Kita berharap jangan sampai nantinya, capaian capaian yang akan dituju dalam RPJMD 2021-2026 tidak dapat terselesaikan pada akhir masa jabatan ataupun akhir waktu dari RPJMD. Kita belajar dari periode RPJMD 2016-2021 dibawah kepemimpinan Bupati / Wakil Bupati sebelumnya dimana sampai akhir masa jabatan masih terdapat peraihan-peraihan yang belum dapat terselesaikan, ungkap Riski Ramadhan Hasibuan.

Masih kata Ketua DPRD Sergai, hal ini dikarenakan adanya capaian-capaian yang dibuat tidak seluruhnya menggunakan prinsip-prinsip terukur sebagaimana yang diamanahkan dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.

Oleh karenanya Lembaga DPRD akan mengawal secara ketat RPJMD 2021-2026 dalam bentuk pembahasan yang serius bersama dengan Pemerintah. Kami berharap Pemerintah nantinya bersikap terbuka terhadap kritikan saran dan pendapat yang diberikan oleh Anggota DPRD Serdang Bedagai selama masa pembahasan. 

Karena kami yakin dan percaya bahwa kritikan, saran dan pendapat tegas yang diberikan tersebut merupakan bukti dan rasa cinta kita kepada Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, ujarnya mengakhiri.

Rapat secara virtual ini juga turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Sergai Merlin Barus, Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, para Kepala OPD dan Camat.(Yus/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru