Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Pemkab Deli Serdang Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2022

Rabu, 31 Maret 2021 | 14.20 WIB
Kali Dibaca |

Wabup Deli Serdang membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Ballroom Wing Hotel Kualanamu.

Bt Kuis, metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2022,di Ballroom Wing Hotel Kualanamu, Selasa (30/3/21), bertemakan akselerasi pemulihan ekonomi dan kesejahteraan sosial melalui pembangunan terintegritas.
 
Musyawarah tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, dihadiri Kepala BKD Provsu Faisal Arif Nasution yang mewakil Gubernur Sumut, Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri, Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein,Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Sri Pepeni Yusuf Siregar,Ketua Dharmawanita Persatuan Ny. Herawati Darwin Zein, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD,Kabag, para camat secara Vidcon, mewakili Forkopimda,Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang berbatasan langsung dengan Kab. Deli Serdang secara Vidcon, Pimpinan Instansi Vertikal,perwakilan lembaga di Deli Serdang,Ormas keagamaan,kemasyarakatan dan kepemudaan, lembaga profesi.
 
Dalam sambutannya, Wakil Bupati  HM Ali Yusuf Siregar mengatakan Pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan salah satu rangkaian tahapan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan yang harus dilaksanakan berdasarkan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang dijabarkan ke dalam Peraturan Daerah Kabupaten Deli Serdang Nomor 2 tahun 2010 tentang sistem perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Deli Serdang. Dan kegiatan Musrenbang RKPD yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah bersama para pemangku kepentingan di Kabupaten Deli Serdang yang di awali dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga forum lintas perangkat daerah.  Sehingga program dan kegiatan tahun 2022 yang dirumuskan, benar-benar mencerminkan aspirasi dan kebutuhan nyata masyarakat deli serdang, guna mewujudkan visi dan misi Kabupaten Deli Serdang dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku.
 
Pada kesempatan itu juga disampaikan beberapa indikator makro yang telah dicapai Pemkab Deliserdang tahun 2020 antara lain persentase kemiskinan di Kabupaten Deliserdang sebesar 3,88 persen di bawah angka rata-rata kemiskinan di Sumatera Utara sebesar 8,75 persen dan juga dibawah rata-rata kemiskinan nasional sebesar 10,19 persen.
 
Wabup mengajak semua pihak tetap berupaya didalam menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Deli Serdang lebih intensif lagi dan dalam implementasinya harus tepat sasaran.
 
Selanjutanya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Deli Serdang sebesar 75,44, lebih tinggi dibandingkan rata-rata IPM Provinsi Sumatera Utara Sebesar 71,77 dan rata-rata IPM nasional sebesar 71,94.Dan Angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Deli Serdang selama masa Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 mengalami penurunan menjadi sebesar -1,78. Angka ini lebih baik dari capaian nasional yakni -2,07, namun sedikit lebih rendah dibanding capaian Provinsi Sumatera Utara yakni -1.07.

Mencermati gambaran peluang dan tantangan kebijakan ekonomi makro secara nasional tahun 2022,maka Pemerintah Kabupaten Deli Serdang saat ini dan kedepn,masih tetap fokus pada upaya pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19,"ujar HM Ali Yusuf Siregar.
 
Tema RKPD Tahun 2022 sebagaimana yang telah dikemukakan, ada empat perioritas pembangunan antara lain peningkatan kualitas mutu pendidikan, kesehatan dan pembangunan sosial dilakukan dengan strategi peningkatan sumber daya dan sarana prasarana di bidang pendidikan dan kesehatan, penguatan nilai religius, kerukunan dan perlindungan sosial.
 
Kemudian pengembanganaksebilitas dan kewilayahan dilakukan dengan strategi peningkatan pengembangan wilayah, peningkatan kualitas infrastrktur terintegrasi yang mampu memberikan nilai tambah perekonomian dan peluang investasi daerah.
 
Ketiga optimalisasi komoditas dan produk unggulan daerah yang berdaya saing dilakukan dengan strategi peningkatan daya saing daerah melalui perwujudan ekosistem inovasi, keterampilan sumber daya UMKM dan BumDes berbasis teknologi tepat guna dan pengembangan destinasi wisata unggulan berbasis ekowisata, agrowisata dan kearifan lokal.
 
Selanjutnya pemantapanpelaksanaan reformasi birokrasi dilakukan dengan strategi tata kelola pemerintahan daerah berbasis IT, pemanfaatan inovasi pelayanan publik dan percepatan pelaksanaan zona integritas pada perangkat daerah.
 
Dengan adanya berbagai prioritas dan strategi pembangunan tahun 2022 yang akan menjadi substansi pada rancangan akhir RKPD Kabupaten Deli Serdang tahun 2022 diharapkan menjadi daya ungkit yang positif terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Deli Serdang. Oleh karena itu, mengingat betapa pentingnya kegiatan musrenbang ini, saya sangat mengharapkan peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Deli Serdang. 
 
Kiranya forum ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh seluruh pemangku kepentingan untuk dapat berkontribusi memberi saran dan masukan yang konstruktif untuk melakukan penajaman, penyelarasan, serta klarifikasi.
 
"Sehingga dokumen rancangan RKPD yang telah disusun semakin sempurna dan responsif terhadap kebutuhan riil masyarakat serta selaras dengan tujuan pembangunan, guna mewujudkan visi deli serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan,” kata HM Ali Yusuf Siregar.
 
Sementara Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri dalam sambutannya menekankan bahwa DPRD Kabupaten Deli Serdang sangat mendukung program pemerintah, pembangunan yang berkemajuan, peningkatan daya saing serta harmoni masyarakat rukun bersatu dalam kebhinekaan.
 
"Akan tetapi penting menjadi catatan bagi kita di tahun ini dan yang akan datang untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan anak Deliserdang dan mendukung program pemerintah nasional di bidang kesehatan. Kita harus bersama menyelesaikan efek-efek negatif yang terjadi ditengah-tengah masyarakat baik bagi anak-anak didik dan juga masyarakat umum atas masa Pandemi Covid19 di Kabupaten Deli Serdang,"bilangnya seraya menambahkan dirinya berharap pelaksanaan Musrenbang ini dapat terlaksana dengan baik dan menjawab tantangan kedepan.   

"Meningkatkan 3 pilar pembangunan, menggerakan semua pihak untuk bersama-sama memajukan kabupaten tercinta,”ujar Zakky Shahri. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru