Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Ceramah Ustad di Mesjid Al Hidayah BSP Lubuk Pakam Dipenuhi Jamaah

Kamis, 15 April 2021 | 11.53 WIB
Kali Dibaca |

Ustad Suroso SAg saat berceramah di hadapan jamaah Mesjid Al Hidayah Komplek BSP Lubuk Pakam.

Lb Pakam, metrokampung.com
Salah satu dari sekian banyak hikmah ibadah di bulan suci Ramadhan adalah melatih manusia mengamalkan kesabaran. Seringkali kita melihat betapa banyak manusia yang tidak tahan untuk bersikap sabar. Mereka ingin meraih apa yang diinginkannya dengan cepat dan dengan jalan yang tidak tepat.
 
Demikian dikatakan Al Ustadz Suroso SAg dalam ceramahnya di hadapan jamaah Shalat Tarawih malam kedua di Mesjid Al Hidayah Komplek Perumahan Bumi Serdang Permai (BSP) Desa Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (14/4/21) malam.

 "Dalam berpuasa juga diperlukan kesabaran karena Allah akan menguji iman orang yang berpuasa dengan permasalahan yang dihadapi baik permasalahan yang berhubungan dengan pihak lain maupun dengan diri pribadi dan keluarga. Sabar merupakan sikap pasrah terhadap keadaan dan kesulitan yang dihadapi yang didahului dengan perjuangan atau ikhtiar secara terus menerus,'bilang Ustad Suroso.
 
Kemudian, sambung Ki Roso-panggilan lain Ustad Suroso, selain sabar juga sedekah sangat dianjurkan terlebih di bulan Ramadhan seperti saat ini.
 
"Bagi setiap muslim yang menjalankan ibadah atau amalan di bulan Ramadhan, akan mendapat ganjaran berlipat ganda. Salah satu amalan yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan adalah bersedekah. Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan,"jelas ustad yang merupakan karyawan kantor direksi PTPN2 Tanjung Morawa tersebut.
 
Masih kata Ustad Suroso bahwa bersedekah juga merupakan satu sikap kedermawanan yang sekaligus menjadi sifat yang disukai Allah SWT.
 
"Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat disukai Allah. Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk mendapatkan pahala sebesar-besarnya adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Di bulan Ramadan, anjuran itu lebih diperkuat lagi karena pahala yang dijanjikan akan dilipatgandakan,"tambah Ustad Suroso di hadapan jamaah yang memadati satu-satunya mesjid di komplek perumahan tersebut.
 
Seperti hari pertama dan kedua shalat tarawih pihak Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Al Hidayah yang dikomandoi oleh Ketua BKM Hendra Sembiring sangat ketat memperlakukan prokes dimasa pandemi covid-19. 
 
Bahkan ceramah pun diramu sedemikian singkat. Punbegitu tidak mengurangi niat jamaah untuk memadati Mesjid Al Hidayah guna melaksanakan shalat tarawih dan mendengar ceramah ustad.
 
"Berdasarkan himbauan yang kita terima dari pemerintah maka jadwal ceramah kita batasi hanya sekitar 15 menit atau lewat sedikit,"ujar M Pohan, wakil bendahara BKM Al Hidayah mengingatkan sebelum mempersilahkan Ustad Suroso berceramah.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru