Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Jalur Pelabuhan Bakauheni bawa Surat Hasil Rapid Test Antigen

Jumat, 14 Mei 2021 | 00.08 WIB
Kali Dibaca |


Medan, metrokampung.com

Guna terus menekan angka penyebaran covid-19, petugas terus melakukan pemeriksaan serta penyekatan menjelang arus balik Lebaran Idul Fitri 1442 H. Berdasarkan surat Menko Perekonomian No SD-379/SES.M.EKON/05/2021 tanggal 12 Mei 2021, petugas pun semakin memperketat sistem pengawasan di Pelabuhan Bakauheni.

“Sesuai surat edaran Menko Perekonomian, kita (Polda Sumut) bersama Polda Sumsel, Polda Jambi, Polda Sumbar, Polda Bengkulu dan Polda Riau harus membawa hasil rapid antigen, tujuannya memperketat sistem pengawasan di Pelabuhan Bakauheni untuk arus balik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa mulai 15 Mei 2021,” ungkap Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Kamis(13/5/2021) malam.

Dikatakan Hadi, dengan surat edaran Menko Perekonomian tersebut, pihaknya pun menghimbau pada para masyarakat yang hendak melakukan arus balik lebaran wajib membawa surat keterangan hasil rapid test antigen atau G-Nose.
“Kami (Polda Sumut) akan terus mensosialisasikan pada masyarakat agar tidak keliru ketika hendak melakukan arus balik lebaran. Saya juga berharap masyarakat dapat mendukung program pemerintah dengan menaati peraturan yang ada,” harap Hadi.
Lanjutnya, dirinya juga mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari dan menerapkan pola hidup bersih.

“Semoga dengan semua usaha yang telah kita lakukan dapat menekan angka penyebaran covid-19 di Indonesia," tandas perwira dengan tiga melati emas di pundaknya ini.

Diketahui, Hari pertama Perayaan Idul Fitri 1442 H, arus lalu lintas di jalur wisata Medan-Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, sepi.
 
Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan situasi jalur ini dinyatakan sepi setelah dilakukan pemantauan,"ujarnya, Kamis (13/5/) malam.
 
Kemudian, mulai Jumat (14/5), pengendara yang menuju Berastagi melintasi Pospam Doulu akan dilakukan test swab antigen dan cek urine. "Selain melaksanakan tes swab antigen dan cek urine secara random, Pospam Doulu juga bertugas untuk mengendalikan jumlah pengunjung yang akan menuju Pemandian Lau Debuk-debuk,"ujarnya.

Kemudian, pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas untuk melakukan test swab antigen kepada pengunjung hotel di Jalan Medan - Brastagi. "Rencana Kapolres koordinasi dengan Gugus Tugas cek hotel yang kapasitas hunian di atas 50 persen sekaligus dilaksanakan swab antigen secara random,"Pungkas Hadi.(rel/sim/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru