Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun Apresiasi 100 hari Kinerja Kapolri

Jumat, 21 Mei 2021 | 22.26 WIB
Kali Dibaca |



Simalungun, Metrokampung.com

Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun Bonauli Rajagukguk, SH, mengapresiasi capaian 100 hari program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah berjalan dengan baik semenjak ia dilantik menjadi Kapolri Januari lalu menggantikan Jenderal Purnawirawan Idham Aziz.



Bonauli Rajagukguk, SH yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Simalungun itu mengatakan bahwa pencapaian dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu dapat tercapai karena ia mengedepankan upaya keadilan restorative justice yang merupakan sebuah pendekatan yang bertujuan mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan terdakwa, dan sering pula melibatkan para perwakilan masyarakat secara umum.

"Konsep pendekatan seperti ini menitikberatkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana serta korbannya sendiri," ujar Bonauli. Jum'at (21/05/2021).

Ia mengatakan pendekatan restorative justice merupakan sebuah terobosan cemerlang yang dilakukan oleh Kapolri dalam 100 hari program prioritasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa kinerja yang telah dicapai oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo harus diapresiasi oleh seluruh komponen karena itu merupakan program presisi Kapolri yaitu prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan dengan pendekatan-pendekatan yang humanis.

“Sebagai masyarakat kita semua harus ikut andil dalam menyukseskan program dan pencapaian Kapolri sesuai porsi kita masing-masing contohnya seperti saat berlalu lintas agar terbangun kesadaran untuk tidak melanggar aturan lalu lintas karena saat ini rata-rata sudah terpasang kamera pengawas di jalanan, itu merupakan salah satu cara mengubah perilaku masyarakat tanpa harus adanya penekanan serta tindakan langsung di lapangan karena semuanya telah memakai sistem Elektronik,” ucapanya.(hps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru