Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Pemko Medan Saksikan Peluncuran Program Literasi Digital Nasional

Kamis, 20 Mei 2021 | 20.19 WIB
Kali Dibaca |

Pemko Medan turut menyaksikan peluncuran yang dilakukan secara hybrid, pelaksanaan offline di Hall Basket Senayan dan secara dalam jaringan (daring).

Medan, Metrokampumg.com
Presiden Joko Widodo meluncurkan Program Literasi Digital Nasional dengan tema “Indonesia Makin Cakap Digital 2021”, Kamis (20/5).

Pemko Medan turut menyaksikan peluncuran yang dilakukan secara hybrid, dimana pelaksanaan offline di Hall Basket Senayan dan secara dalam jaringan (daring) ini. Plt Asisten Pemerintahan  dan Sosial Setda Kota Medan, Khairul Syahnan didampingi Kadis Kominfo Medan, Zain Noval, S.STP. M.A.P. menghadiri perhelatan tersebut dari Ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan.

Dalam peluncuran program Literasi Digital Nasional itu, Presiden mengatakan, tantangan di ruang digital sangat besar. Konten-konten negatif terus bermunculan. Kejahatan di ruang digital juga terus meningkat.

“Kita harus meningkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten kreatif yang positif, yang menyejukkan, yang menyerukan perdamaian,” ucap Presiden seraya menambahkan, internet juga harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat dan memberikan nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Presiden mengatakan, literasi digital adalah kerja bersama. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital.
 
Peluncuran program itu menandai pelaksanaan kelas literasi digital secara simultan di 514 kabupaten dan kota. Menurut Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, peserta program di setiap kabupaten dan kota akan melanjutkan kegiatan ke kelas-kelas literasi digital di kota satelit masing-masing yang menghadirkan narasumber lokal sebagai pemateri.

Dia menjelaskan, kelas pelatihan literasi digital “Indonesia Makin Cakap Digital” terbuka bagi masyarakat luas secara gratis di sepanjang tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

"Melalui kelas-kelas ini, masyarakat dapat mengembangkan literasi dan kecakapan digital di tingkat dasar, seperti diantaranya fotografi dan videografi, media sosial, publik speaking, Tangkas Digital dan Tular Nalar bersama Google, copywriting, digital marketing, privasi digital dan keamanan siber, serta materi lainnya," ungkapnya.(Ra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru