Permudah Layanan Publik, Polres Sergai Lounching Aplikasi Sergai Bertuah dan Peresmian Bus Pelayanan Keliling

Editor: metrokampung.com

Serdang Bedagai, metrokampung.com
Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang  memimpin pelaksanaan launching aplikasi Sergai Bertuah dan peresmian bus pelayanan keliling Sergai Bertuah, di lapangan Polres Serdang Bedagai, Rabu (6/5) pagi. 

Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang mengatakan wujud dari pelayanan publik adalah dengan hadir di publik baik secara fisik dan maya di era digital sekarang. Kepolisian Resor Serdang Bedagai melakukan inovasi dengan membangun kembali satu aplikasi yang diberi nama “Sergai Bertuah”.
Dengan konsep daerah namun layanan modern. Kedepannya proses pengaduan, pengajuan Sim, SKCK akan dilakukan secara online.
"Aplikasi sergai bertuah hadir untuk siap menjawab tantangan tersebut ke depannya," ujarnya. 
 
Kapolres menjelaskan aplikasi Sergai Bertuah adalah aplikasi yang dirancang dalam mendekatkan masyarakat dengan pelayanan kepolisian Serdang Bedagai. 
Berbagai fitur memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kepolisian terpadu dengan pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai.
I. Fitur Berita
a. Berita Tentang Polres Dan Pemerintah Kab Sergai
b. Ekspose Berita Atau Link Berita Dari Awak Media
II. Fitur Pengaduan / Informasi
a. Pengaduan :
- Pencurian
- Perampokan
- Begal
- Perjudian
- Pembunuhan
- Narkoba
- Jambret
- Kehilangan
b. Informasi :
- Balap Liar
- Kecelakaan Lalu Lintas
- Kemacetan Lalu Lintas
- Kebakaran Hutan / Lahan
- Kasus Covid-19 
III. Fitur Layanan
a. Call Center 110
b. Call Center Sat Lantas
c. Call Center Polsek
d. Delivery Sim & Delivery Samsat
e. Pengawalan Lalu Lintas
f. Pengawalan Giat Di Objek Vital
g. Posko Covid Desa Tangguh
IV. Fitur Alamat Kantor Polisi
a. Kantor Polres Serdang Bedagai
b. Kantor Polsek 
- Polsek Teluk Mengkudu
- Polsek Firdaus
- Polsek Perbaungan
- Polsek Pantai Cermin
- Polsek Dolok Masihul
- Polsek Tanjung Beringin
- Polsek Kotarih
c. Pos Lantas Pelayanan
- Pos Lantas Perbaungan
- Pos Lantas Sijenggi
- Pos Lantas Sei Bamban
- Pos Lantas Kampong Pon
- Pos Lantas Dolok Masihul
d. Pos Tangguh Sat Lantas Polres Serdang Bedagai
V. Fitur Destinasi Wisata Kab Serdang Bedagai
a. Pantai Pondok Permai ( Fasilitas )
b. Pantai Bali Lestari
c. Pantai Wong Rame
d. Theme Park Pantai Cermin
e. Pantai Kelang
f. Pantai Mangrove
VI. Fitur Layanan Skck ( Daftar Dan Pembuatan Secara Online )
VII. Fitur Layanan ( Daftar Dan Pengisian Formulir Pengajuan Sim Secara Online 
VIII. Fitur Fitur Layanan Sp2hp ( Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan Yang Bisa Di Akses / Dilihat Secara Online )
Aplikasi Sergai Bertuah Ini Bertujuan Untuk Mempererat Kemitraan Bidang Pelayanan Publik Antara Anggota Polri Resor Serdang Bedagai Dan Pemerintah Kabupaten Sergai Dengan Warga Masyarakat Kab. Sergai. Aplikasi Ini Mengajak Seluruh Masyarakat Untuk Bekerjasama Dalam Mencegah Dan Menangkal Gangguan Kamtibmas Di Wilayah Serdang Bedagai Secara Menyeluruh Hanya Dengan Mudah Dalam Satu Genggaman Smart Phone, pungkasnya. 
   
Lanjutnya,  Aplikasi Mobile Ini Adalah Salah Satu Pendekatan Yang Cukup Ampuh Di Era Digital Dikarenakan Hampir 75 % Aktifitas Dari Masyarakat Indonesia Berhubungan Dengan Mobile Phone. Saat Ini Sergai Bertuah Akan Dikembangkan Pada Platform Android Yang Mayoritas Masyarakat Sergai Miliki.
 
Maksud dan Tujuan Sergai Bertuah adalah  :
1. Aplikasi Ini Disusun Dengan Maksud Sebagai Terobosan Inovatif Di Era Digital Yang Dihadirkan Oleh Polres Serdang Bedagai Ditengah – Tengah Masyarakat Serdang Bedagai Melalui Smart Phone Sehingga Pelayanan Polri Kepada Masyarakat Sangat Mudah Di Akses Hanya Dalam Genggaman Tangan.
2. Terselenggaranya Kemitraan Komunikasi  Intensif Dan Komunikatif Antara Polres Serdang Bedagai Dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai Dalam Rangka Meningkatkan Pemeliharaan Kamtibmas Dan Kamseltibcar Lantas.
3. Terwujudnya Kerjasama Dan Kemitraan Antara Warga Masyarakat Dan Polres Serdang Bedagai, Sehingga Mampu Mengurangi Angka Kejahatan, Menghilangkan Kesan Psikologis Masyarakat Akan Rasa Takut Dan Was-Was Dalam Melaporkan Kejadian, Menciptakan Rasa Tenteram Dan Damai Dihati Masyarakat Serta Mewujudkan Keteraturan Sosial Di Kabupaten Serdang Bedagai.
4. Mewujudkan Pengawasan Publik ( Police Governance ) Dalam Merajut Bhineka Menuju Kesadaran Kolektif Kerukunan Antar Suku, Agama, Ras Dan Golongan Di Kabupaten Serdang Bedagai.
Kemudian Pada Kesempatan Ini Kami Juga Akan Meresmikan Bus Pelayanan Terpadu “ Mobil Keliling Bertuah “. Mobil Keliling Bertuah Ini Merupakan Bagian Dari Pelayanan Publik Yang Dilakukan Oleh Polres Serdang Bedagai Bersama Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai Dimana Bus Yang Digunakan Berkeliling Merupakan Bantuan Dari Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai Dan Akan Digunakan Gunakan Sebagai Pelayanan Terpadu.

Mobil Pelayanan Keliling Terpadu Bertuah Nantinya Akan Beroperasional Secara Berpindah – Pindah Secara Terjadwal Dimana Dalam Pengoperasiannya Dilengkapi Sarana Pendukung Seperti Wifi , Atribut Pelayanan Dan Di Awaki Oleh Personil Polri Serta Pegawai Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai Guna Melakukan Tugas / Pelayanan Keliling Mobiling Antara Lain : 
1. Penanganan Covid-19 Melaksanakan Operasi Yustisi Terpadu )
2. Pengaduan & Lapor Langsung Kejadian Tindak Pidana
3. Kosultasi Permasalahan Yang Ada Di Masyarakat
4. Konseling Dan Pendafataran Pelayanan Skck
5. Pelayanan Pendaftaran Sim Baru / Perpanjang
6. Konseling Masalah Tindak Pidana Perempuan Dan Anak
7. Pelayanan Dari Dinas Kabupaten Sergai
8. Pelayananan Lain – Lain.
"Kiranya Besar Harapan Kami Kepada Personil Polri, Instansi Pemerintah , Para Tokoh Masyarakat Serta Elemen Lain Dimasyarakat Untuk Mendukung Inovasi Ini Karena Misi Meningkatkan  Harmonisasi, Koordinasi , Pelayanan Kepolisian Kepada Masyarakat Dan Menjalin Komunikasi Yang Baik Antara Polisi Dengan Masyarakat Dalam Rangka Untuk Menciptakan Keteraturan Sosial Di Wilayah Kabupaten Serdang Bedagai Semata-Mata Tidak Akan Mampu Terlaksana Dengan Baik Tanpa Adanya Kerjasama Antar Pihak,"tandasnya.


Aplikasi Sergai Bertuah dan Peresmian Bus Pelayanan Keliling Terpadu Bertuah dihadiri oleh Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, Bupati Sergai, Darma Wijaya,  Dandim 0204 / DS Letkol Kav. Jackie Yudhantara,  Kasat lantas, AKP Agung Basuni, Pejabat Pemerintahan, Tokoh Masyarakat,  Tokoh Pemuda, Insan Pers dan Warga Serdang Bedagai.(rel/simon/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini