Pengikut

SUMUT

NASIONAL


18 Lulusan SMA Pencawan Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Jumat, 02 Juli 2021 | 17.31 WIB
Kali Dibaca |

Sebanyak 18 orang lulusan SMA Pencawan berhasil masuk ke Perguruan Tinggi.

Medan, Metrokampung.com
Sebanyak 18 orang lulusan SMA Pencawan berhasil mewujudkan cita-citanya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri, pada tahun ini.

Bahkan sebagian besar dari mereka mendapatkan beasiswa dan tunjangan dari pemerintah. Kepala SMA Pencawan Medan Nila Nekodema Barus mengungkapkan para lulusan yang mendapat beasiswa dan tunjangan berjumlah 13 orang.

"Sebanyak delapan orang di antaranya kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) dan selebihnya di Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Manado (Unima) dan Institut Teknologi Sumatera (Itera)," katanya, Jumat (2/7).

Adapun para lulusan peraih beasiswa yang melanjutkan pendidikannya di USU pada tahun ini adalah Dhea N. Br. Ginting (Fisika), Helsa Br. Tampubolon (Antropologi) dan Indah Cikita (Sastra Melayu).

Kemudian Sanjay Tarigan (Sastra Jepang), Arya Rivaldo Surbakti (Etnomusikologi), Franes Sitepu (Etnomusikologi), Jessica Gultom (Sastra Indonesia) dan Laila Perangin-Angin (Fisika).

Selanjutnya para lulusan lain dengan perguruan tinggi negeri yang berbeda, antara lain Sustriani (Tata Rias, Unimed) dan Abelia Manik (Agroteknologi, Unand).
Lalu, Marta Purba (Fisika, Unima), Felik Surbakti (Informatika, Unima) serta Anggi Sinaga (Biosistem, Itera).

"Masing-masing dari mereka mendapat beasiswa dan tunjangan sebesar Rp 700.000 per bulan," terang Nila.

Selain yang mendapatkan beasiswa, ada juga para lulusan SMA Pencawan yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri setelah melewati seleksi dan persaingan yang sangat ketat.

Mereka berjumlah lima orang. Yakni Putri Br. Sembiring Maha (Fisika, Unimed), Yehezkiel Purba (Bahasa Prancis, Unimed) dan Loina Brasa (Poltekkes Gizi, USU) 
Kemudian Chelsea Br. Purba ( Poltekkes Keperawatan, USU) dan Tamara Sitanggang ( Poltekkes Gizi, USU).

Dengan demikian, jumlah total lulusan SMA Pencawan yang berhasil masik perguruan tinggi negeri pada tahun berjumlah 18 orang.

Lebih lanjut Nila menuturkan, prestasi ini membuat SMA Pencawan yang sudah berdiri sejak 1980 menjadi salah satu sekolah swasta favorit di Kota Medan dan sangat diminati para lulusan SMP dari berbagai daerah di Sumut.

Setiap tahun, para lulusan SMA Pencawan banyak diterima di berbagai perguruan tinggi negeri, termasuk pada tahun ini.
Banyaknya lulusan yang diterima di lerguruan tinggi negeri dan mendapatkan beasiswa ( bebas uang kuliah) dan tunjangan dari pemerintah itu pun menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi orangtua anak didik.

"Kita semua tahu bahwa dalam suasana Pandemi Covid-19 ini, rata-rata pendapatan orangtua sangat minim dan disitulah pemerintah turun tangan mendukung perkuliahan anak didik kami," tambah Memori Milala, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Pencawan.(Ra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru