Sekdakab Deli Serdang Berharap Hamparan Perak menjadi Zona Hijau

Editor: metrokampung.com
Sekdakab Deliserdang Darwin Zein melakukan diskusi dan evaluasi kasus Covid 19 di Aula Kantor Camat Hamparan Perak.

Hamparan Perak, metrokampung.com
Sekdakab Deliserdang Darwin Zein didampingi Asisten I Citra Efendi Capah, Asisten III Dedi Maswardy, Kadis PMD Khairul Azman, Kalak BPBD Zainal Abidin Hutagalung, Kadis Kesehatan dr Ade Budi Krista, melakukan pertemuan bersama para  kades se Kecamatan Hamparan Perak terkait diskusi dan evaluasi kasus Covid 19 di Aula Kantor Camat Hamparan Perak, Sabtu (14/8/21).
 
Kegiatan diskusi dan evaluasi ini untuk mendapatkan saran dan  masukan dari para kades, lurah dan kepala puskesmas tentang hal-hal yang menjadi permasalahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Hamparan Perak.
 
Hal tersebut dikatakan Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein pada diskusi penanganan Covid 19 di Kecamatan Hamparan Perak. Turut hadir Camat Hamparan Perak Jahar Effendy  beserta Muspika Kecamatan, para kepala desa serta  kepala puskesmas setempat.

 Pada diskusi tersebut Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein  kembali menyampaikan beberapa hal yang menjadi kesepakatan untuk menegaskan kembali kepada masyarakat, seperti tidak diizinkannya melaksanakan pesta/hajatan sampai batas waktu yang akan ditentukan, selama pelaksanaan PPKM terutama restoran, warung, kafe dan kedai makan ditutup pada pukul 18.00 wib serta melarang pembeli makan ditempat maksimal 20 menit, cafe ataupun tempat nongkrong tidak menyediakan kursi sehingga tidak terjadi kerumunan, pemilik rumah makan dan pelayan wajib menggunakan masker  selama jam kerja, bagi masyarakat yang mendatangi kegiatan takjiah kemalangan wajib menggunakan masker, pihak desa wajib menyediakan masker apabila ada warga yang tidak menggunakan masker, pelaksanaan isolasi mandiri dilakukan sesuai rekomendasi dari dokter atau tim medis, pemerintah Kecamatan dan desa memberikan bantuan bagi warga yang isolasi mandiri, warga yang kurang mampu yang bersumber dari dana desa dan pihak ketiga, Dinas Kesehatan dan puskesmas melalui bidan desa untuk memonitoring bagi warga yang positif Covid 19.

 “Apapun kesepakatan kita pada diskusi hari ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid 19 dan mudah-mudahan bisa kita sepakati bersama. Dan hasil dari pertemuan ini kedepan diharapkan laporan konfirmasi yang ada di kecamatan ini bisa minus atau turun tidak ada kematian, semua upaya yang dilakukan karena cinta dan sayangnya Pemerintah Deli Serdang kepada masyarakatnya. Semoga apa yang kita lakukan serta upayakan ini bisa mengubah keadaan, dan pandemi Covid 19 ini segera berakhir,”ucap Sekda.

 Perlu menjadi perhatian dalam evaluasi, lanjutnya, karena ketika upaya upaya pencegahan sudah kita lakukan sangat baik sekali, baik dalam operasi yustisi, pembatasan kegiatan usaha, serta membubarkan kerumunan,karena ada mata rantai yang sebenarnya perlu dievaluasi terkait dengan semakin meningkatnya kasus Covid 19. Untuk itu dari satgas akan merekomendasikan supaya isolasi mandiri ini tidak hanya terfokus di rumah, tetapi pihak kecamatan juga harus menyediakan tempat isolasi untuk mengantisipasi ketika ada lonjakan kasus Covid 19 dan ruang isolasi di Rumah Sakit penuh, untuk itu perlu adanya tambahan tempat isolasi di kecamatan.

 Sementara, Asisten Pemerintahan Citra Efendi Capah menyampaikan bahwa beberapa minggu terakhir ini kasus konfirmasi menjadi cukup tinggi, sehingga perlu dilakukan berbagai upaya untuk menurunkan tingkat kasus Covid 19 serta menjadikan wilayah ini kembali hijau.

 "Untuk itu bagaimana caranya agar Kecamatan Hamparan Perak bisa kembali menjadi zona hijau, dan ini merupakan tanggung jawab kita sebagai pemimpin yang diberi amanah,"ucap Asisten.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini