Bupati Simalungun Bapak Radiapo Hasiholan Sinaga Melantik Drs Esron Sinaga Jadi Sekda Simalungun, Ini Jenjang Karirnya

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Drs Esron Sinaga MSi dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Simalungun oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga di Balai Harungguan Djabanten Damanik yang terletak di Komplek Perkantoran Bupati Simalungun, Rabu (15/09/2021).

Pelantikan kali ini, dihadiri dua kepala daerah, yakni Walikota Siantar Dr H Hefriansyah SE MM, dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga yang melantik.
Tampak juga hadir dua Ketua DPRD, diantaranya Ketua DPRD Siantar Timbul Marganda Lingga dan Ketua DPRD Simalungun Timbul Sibarani. Hadir juga Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedi Arifianto.

Sekda Simalungun yang baru dilantik tersebut, cukup lama menata karir pimpinan birokrasi di lingkungan Pemko Siantar. Dan terakhir menjabat Kadis Perhubungan Kota Siantar.

Sehingga, tidak sedikit ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun pejabat di lingkungan Pemko Siantar yang cukup mengenal Esron Sinaga, meski sebelum di Siantar, ia juga sempat meniti karir di Pemkab Simalungun.
Selepas dari Pemkab Simalungun, Esron Sinaga dipercaya Walikota Siantar saat itu Ir RE Siahaan sebagai Kepala Bagian (Kabag) Umum pada Sekretarian Daerah Pemko Siantar tahun 2005 yang lalu.

Dari sana, karir jabatan Esron terus menanjak. Dari jabatan eselon tiga (Kabag Umum), Esron dipromosikan Ir RE Siahaan menduduki jabatan eselon 2b. Ia diangkat menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Siantar pada tahun 2009.

Pasca empat tahun menduduki jabatan Kadisdukcapil, masa pemerintahan Walikota Siantar Hulman Sitorus (almarhum), Esron dilantik menjadi Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (Badan PIT) tahun 2013.
Cukup lama Esron menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon 2b), yakni Kepala Badan PIT Kota Siantar, sekira lima tahun.

Dari Kepala Badan PIT, awal tahun 2018, Esron Sinaga dilantik Walikota Siantar saat ini, Hefriansyah SE MM menjadi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Siantar.
Dimasa menduduki Kadishub Kota Siantar, Esron Sinaga pernah mengikuti seleksi (lelang) terbuka untuk jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT Prtama) Sekda Kota Siantar pada tahun 2018 yang lalu.

Hasil seleksi terbuka Sekda Kota Siantar tahun 2018 yang lalu, Esron masuk tiga besar sebagai Calon Sekda Kota Siantar. Hanya saja kemudian, Walikota Siantar saat itu memilih Budi Utari sebagai Sekda Kota Siantar.

Lantas kemudian, tahun 2021 ini, Esron kembali mengikuti seleksi terbuka JPT Pratama Sekda. Namun bukan di Kota Siantar, melainkan di Kabupaten Simalungun. Kini, Esron telah dilantik sebagai Sekda Simalungun, dari hasil seleksi terbuka JPT Pratama eselon 2a yang telah digelar.

Sementara itu sebelumnya, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Simalungun, Serubabel Saragih mengatakan, seleksi terbuka JPT Pratama Sekda Simalungun yang telah dilakukan, telah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Katanya, seleksi telah mendapat restu dari Mendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Serta, izin dari atasan Esron Sinaga untuk mengikuti seleksi terbuka, juga telah dilengkapi.

Dan, lanjut Serubabel Saragih, untuk pelantikan Esron Sinaga sebagai Sekda Simalungun, juga telah mendapat izin dari Mendagri dan rekomendasi dari KASN. “Ya, kita tahu, saat ini belum enam bulan (pasca Bupati Simalungun dilantik). Izin dari Mendagri dan KASN sudah ada untuk pelantikan (Sekda Simalungun),” ucap Serubabel. (sugianto/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini