Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Jadi Theme Song From Bali With Love, Irma June Ceritakan Kisah Sedih di Balik Lagu Do Your Best

Selasa, 21 September 2021 | 12.16 WIB
Kali Dibaca |


Denpasar, metrokampung.com
Kemerduan vokal yang dimiliki penyanyi legendaris Irma June punya tempat tersendiri di hati para penikmat musik. Menandai 5 dekade eksistensinya di belantika musik Tanah Air, Irma June merilis lagu Do Your Best pada Senin, 20 September 2021 di platform musik digital. 

Lagu Do Your Best ditulis Irma June sarat dengan pesan sosial dan kemanusiaan. Pengisi soundtrack film layar lebar Kristal Kristal Cinta, Catatan si Boy 2, dan lainnya tersebut menulis lagu Do Your Best berangkat dari rangkaian peristiwa memedihkan yang ia alami sendiri.

Irma June saat diwawancarai melalui akun WhatsApp-nya pada Senin (20/9/2021) mengatakan, “Aku pertama kali dapat inspirasi lagu Do Your Best waktu ada kejadian kecelakaan tragis yang menimpa temen baik aku dan suami sekitar 18 tahun yang lalu. Aku shock banget karena seminggu sebelumnya kami masih berkomunikasi via telpon. Waktu aku dapat kabar itu aku langsung masuk ke kamar mandi, pasang shower dan nangis di situ.”

Lalu Irma June bertanya pada Tuhan, kenapa temannya tersebut harus dipanggil dengan cara seperti itu. Tiba-tiba ia dapat inspirasi lagu yang muncul dari hatinya. Kemudian, ia cepat-cepat keluar dari kamar mandi untuk merekam dan menulisnya. Tapi ternyata ia cuma dapat bagian chorus-nya saja. Setelah itu Irma June tidak pikirkan lagi lagu tersebut. Sampai beberapa bulan kemudian ada lagi teman baiknya yang meninggal mendadak karena sakit jantung, ia jatuh di kamar mandi. Susah bagi Irma June untuk bisa terima, karena kedua temannya tersebut meninggal di usia masih muda dan punya anak balita. Irma June menangis dan teringat lagi pada lagu itu.

“Beberapa tahun setelah itu, mama aku meninggal, terus papa aku, mantan guru vokal aku, orang-orang yang dekat dengan aku, bahkan penyanyi favorite aku Whitney Houston, sampai terakhir kakak ipar aku. 

Dan setiap kali aku dengar ada yang meninggal, lagu itu selalu muncul tanpa pernah aku bisa selesaikan karena terlalu emosional. Terakhir waktu kakak ipar aku meninggal dan lagu itu muncul lagi, aku berdoa dan minta sama Tuhan untuk dikasih kekuatan buat menyelesaikan lagu itu. Karena aku yakin ada maksud Tuhan di dalam lagu tersebut. Anehnya, setelah itu aku bisa dengan mudah menyelesaikan lagunya dan setelah selesai aku baru sadar kalau itu sudah tahun ke-12 dari pertama kali aku dapat bagian chorus lagu itu,” kata Irma June.

Seperti dijelaskan Irma June, isi lagu Do Your Best mengingatkan kita bahwa hidup itu singkat dan tak ada satu pun orang yang tahu kapan hidupnya akan berakhir. Kita harus bisa menghargai hidup kita, menyadari kalau kita ini spesial dan berharga di mata Tuhan. Itu sebabnya kita perlu untuk melakukan yang terbaik hari ini, seperti hari besok bukan milik kita lagi, karena mata Tuhan selalu mengawasi kita.
Irma June menegaskan, jangan pernah tidak menghargai hidup yang Tuhan berikan. 

Sayangi kehidupan kita dan orang-orang di sekitar kita selama masih bisa. Apalagi di masa pandemi ini, terlalu banyak orang-orang yang meninggal dengan cepat dan terasa sangat mendadak. Kita tidak pernah bisa prediksi, bisa dari orang-orang terdekat kita atau bahkan diri kita sendiri. 

“Pertanyaannya, apakah kita sudah melakukan yang terbaik bagi diri kita dan orang-orang di sekitar kita?” kata Irma June.
Alasan Irma June merilis lagu Do Your Best pada tanggal 20 September karena merupakan momen ulang tahun almarhum papanya. Pada tanggal istimewa baginya tersebut, Irma June ingin mendedikasikan lagu Do Your Best untuk siapa saja yang pernah kehilangan orang yang dicintai. Ia berharap, lagu tersebut bisa mengingatkan kita untuk terus melakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan orang-orang di sekeliling kita setiap saat.

“Menurut aku, hal terbaik dalam hidup ini adalah dengan menghidupkan kasih Tuhan di dalam diri kita. Karena hanya kasih yang dapat menggerakkan kita untuk berbuat baik bagi sesama. Kalau kita sadar ada kasih Tuhan di dalam hidup kita, apapun yang kita lakukan, baik untuk diri kita, keluarga kita, dan sesama kita, pasti kita akan melakukannya dengan hati dan memberikan yang terbaik,” kata Irma June.

Dalam menjalani karir musiknya, Irma June termasuk salah seorang penyanyi yang produktif dalam melahirkan karya. Irma June mengaku tidak mau mematikan impiannya. Irma June ingin terus berkarya selama ia bisa. 

“Rasa kangen untuk berkarya lagi dan mengejar impian-impian yang masih tertunda. Karena aku punya prinsip dari kecil, don’t let anyone kill your dream, anyone, including yourself. Dan ngga ada yang bisa membatasi kita untuk mengejar impian. Termasuk situasi kondisi bahkan usia kita. Jangan takut untuk memiliki impian yang besar, karena bermimpi itu gratis. Jadi rugi kalau kita cuma bermimpi yang kecil-kecil, hahaa. Aku yakin melalui musik aku masih bisa berbicara banyak buat orang lain. Tuhan kasih aku talenta seperti ini pasti bukan tanpa maksud dan tujuan. Jadi aku ngga mau sia-siakan apa yang Tuhan masih percayakan,” kata Irma June.

Saat ini Irma June disibukkan dengan project produksi lagu-lagu yang akan ia rilis pada digital music platform. Selain itu juga membuat konten-konten untuk channel YouTube, dan sedang memulai untuk pembuatan podcast, serta kegiatan charity. 

“Aku ngga pernah nyangka akan tinggal selama ini di Bali. Ngga terasa udah 2 tahun aku sekarang di Bali. Alasan yang membuat aku masih stay di Bali, karena aku masih ada project-project yang Tuhan percayakan di sini. Sambil menunggu waktu yang tepat untuk kembali ke Amerika dan melanjutkan mengejar impian aku di sana,” kata Irma June.

Karena merasa liriknya cocok, Irma June menjadikan lagu Do Your Best sebagai theme song From Bali with Love, program charity yang ia gelar bersama timnya. Pada kegiatan tersebut mereka memberikan bantuan berupa sembako, peralatan untuk prokes, vitamin-vitamin, dan juga nasi bungkus gratis di jalan-jalan untuk masyarakat yang membutuhkan. Karena mereka semua tinggal di Bali, untuk saat ini kegiatan tersebut dikhususkan untuk masyarakat Bali. Kegiatan bulanan tersebut rutin mereka lakukan sejak Juni 2021 hingga saat ini. 

Selain itu, Irma June bersama timnya juga menggelar program Gerakan Nabung Seribu Sehari (GNSS). Gerakan mereka tersebut untuk menggalang dana penunjang program From Bali with Love. 

“Uang hasil tabungan para donator di GNSS dikumpulkan setiap bulan. Siapa saja dan dari mana saja boleh ikutan GNSS, tinggal hubungi aja salah satu dari team kami, atau hubungi akun sosial media saya, YouTube Channel : Irma June Official, Instagram : @irmajunemusic, atau Facebook : Irma June / Irma June New, sekalian untuk mengikuti kegiatan saya bermusik,” kata Irma June.
(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru