Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Timbul Sinaga Gelar Sosialisasi Perda Sekaligus Vaksinasi di Desa Sinemba

Jumat, 17 September 2021 | 23.37 WIB
Kali Dibaca |

Kegiatan vaksinasi untuk 200 orang di Dusun 9, Desa Sinemba, Kecamatan Tanjung.

Deliserdang, Metrokampung.com
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut) dari Fraksi Partai NasDem, Timbul Sinaga bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang menggelar vaksinasi untuk 200 orang di Dusun 9, Desa Sinemba, Kecamatan Tanjung.

Kegiatan vaksin ini dilakukan, kata Timbul Sinaga, pasca dirinya menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Fasilitas Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, agar masyarakat yang hadir sembari menunggu untuk divaksi, bisa menikmati makanan ringan dan makan siang.

“Jadi mereka datang tidak hanya duduk diam saja, melainkan juga bisa mendapatkan makan dan minum,” ujarnya kepada wartawan disela-sela kegiatan vaksin, Selasa (14/9/2021).

Timbul juga mengungkapkan, kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) mensukseskan target 70 persen vakasinasi hingga akhir 2021 ini, sekaligus menjawab keluhan masyarakat yang selama ini mengeluh belum mendapatkan vaksin pertama akibat ketersediaan terbatas.   

 “Sebelumnya, kita sudah mendata warga Dusun 9, Desa Sinemba ini yang belum disuntik vaksin pertama, setelah itu saya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan meminta seluruh nomor Kepala Puskesmas se Kabupaten Deli Serdang untuk menanyakan ketersediaan vaksin. Dan ternyata Puskesmas Tanjung Morawa memiliki stok vaksin pertama untuk 200 orang,” paparnya.  

Timbu Sinaga juga mengungkapkan, setelah kegiatan vaksin pertama, dirinya juga akan menggelar vaksin kedua dilokasi yang sama, namun dengan jangka waktu 28 hari, sesuai arahan Kepala Puskesmas Tanjung Morawa.

“Setelah 28 atau 30 hari mendatang, saya dengan bekerjasama dengan Puskesmas Tanjung Morawa dan Stackholder yang terlibat akan kembali menggelar vaksin tahap dua dilokasi yang sama. Hal ini dilakukan karena antusias masyarakat yang ingin divaksin sangat luar biasa,” tandasnya.

Tidak hanya itu, Timbul juga meminta Pemprovsu agar lebih intens meminta tambahan kuota vaksin kepada Pemerintah Pusat. Sehingga kuota vaksin di Sumut tercukupi dan Herd Immunity bisa terlaksana.

“Selama dua hari ini, Indonesia menerima 9,5 juta dosis vaksin. Artinya kuota vaksin untuk negeri ini tercukupi, maka dari itu kita mendesak Dinkes Sumut atau Gubsu segera melobi Pemerintah Pusat untuk mendapatkan tambahan kuota vaksin,” pungkasnya seraya menambahkan jika kuota vaksin cukup, dirinya bersedia memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat, khususnya masyarakat Deli Serdang.(Ra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru