Berita Advetorial : Pola Hidup Sehat dan Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin Adalah Kunci Dari Upaya Deteksi Dini Terhadap Kanker

Editor: metrokampung.com

Langkat, Metrokampung.com
Ketua YKI (Yayasan Kanker Indonesia) Kabupaten Langkat, Ny. Endang Kurniasih Sah Afandin menegaskan,  penanggulangan kanker adalah masalah yang sangat kompleks. Karena itu, untuk mengatasinya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau Kementerian Kesehatan saja, tapi kanker adalah masalah kita semua, dan kanker akan dapat diatasi segera apabila lebih awal diketahui gejalanya.
       
"Bila sudah berlanjut, akan semakin sulit untuk diobati  dan dapat menyebabkan kematian," paparnya. 
       
Sementara itu, Ketua YKI Sumut, Ny. Nawal Edy Rahmayadi menerangkan kanker adalah sel dalam tubuh yang tumbuh tidak normal.  Sebenarnya kanker itu dapat diobatin, tapi banyak masyarakat  yang tidak tahu karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.




Harapannya, semua pihak maupun para kader PKK selalu menjadi corong untuk menyampaikan kepada masyarakat,  terutama kepada ibu- ibu yang ada di Kabupaten Langkat tentang penyakit kanker.
     
"Penyakit kanker harus ditangani dengan serius dan diobati secara medis," tegasnya.

Penegasan itu disampaikan Ny. Endang dan Ny. Nawal saat kunjungan YKI Sumut ke Kabupaten Langkat.  Ya, Ketua Yayasan Kanker Indonesia Sumatera Utara (YKI Sumut) Ny. Hj. Nawal Edy Rahmayadi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Langkat untuk melaksanakan roadshow cegah kanker di Sumatera Utara. 

Kunjungan itu diterima Ketua YKI Langkat, Ny. Endang Kurniasih Syah Afandin berserta jajarannya di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, di Stabat, Rabu (24/5/2023).

Lebih lanjut, Ny. Nawal menambahkan, selain pola hidup sehat, upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin, juga berperan penting untuk mengurangi risiko terserang kanker. 
       
Jadi, dengan Gerakan PHBS dan pemeriksaan kesehatan secara rutin akan mengurangi tingkat  kematian akibat kanker, karena pengobatan dan pencegahan telah dilakukan sedini mungkin. (BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini