Boedi Oetomo Dorong Indonesia Kejar Ketertinggalannya Dari Bangsa- Bangsa Lain

Editor: metrokampung.com
 
Plt.Bupati Langkat, H. Syah Afandin, SH (Ondim)

Langkat, Metrokampung.com
Seratus lima belas tahun lalu, rasa persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang  bersifat kedaerahan menjadi barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itu gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju guna mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara merdeka yang berdaulat, adil dan makmur. 
       
Didirikan oleh DR. Soetomo bersama para mahasiswa  School Tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA), Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketinggalannya dari bangsa- bangsa lain di masa itu. 
       
Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 tujuan dan cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, mewujudkan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. 
       
Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit , baik pada masa pra kemerdekaan maupun pasca kemerdekaan. 
     
"Di masa ini di saat kemerdekaan telah kita rasakan sebagai warisan dari perjuangan, kita harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 2045," ujar Ondim dalam sambutannya saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke- 115 Tahun 2023 Kabupaten Langkat, di Lapangan Alun- alun Tengku Amir Hamzah Stabat, Senin (22/5/ 2023) yang lalu.
       
Adapun thema yang diusung dalam peringatan 115 tahun kebangkitan nasional tahun 2023 itu adalah  Semangat Untuk Bangkit, sedangkan para  petugas pelaksananya di antaranya, sebagai Inspektur Upacara Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin,SH (Ondim), sebagai Perwira Upacara Kapten Arh Iroma Harahap, Pasi Ops Kodim 0203/LKT.

Selanjutnya, Kapten Inf Supriadi, Danramil 10 /Padang Tualang sebagai Komandan Upacara, petugas pengibar bendera 3 orang Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Langkat dan pembaca teks UUD 1945,Johan staf Dispora.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Langkat  membacakan pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI. Disampaikannya, menurut data- data Badan Pusat Statistik, perekonomian Indonesia di Tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% (Year-on-Year/YOY) jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70%  dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019. 
       
Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan satu tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03%. Hal ini  menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan 4 tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01%. 
       
"Tentunya kita berharap agar capaian-capaian ini dapat terus dipertahankan dan terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. 
       
Selain merayakan berbagai pencapaian bangsa Indonesia, hari kebangkitan nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan perbaikan, atau bahkan perjalanan yang didapat dari perjuangan kita," ujarnya. (BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini