Pemkab Simalungun Gelar Upacara Harlah Pancasila Tahun 2023

Editor: metrokampung.com

Simalungun, Metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar Upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2023, dilapangkan Koramil Model 08 Bangun, Jln Asahan Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut Kamis (01/06/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, sebagai Komandan Upacara Kapten Inf Bangsawan Harahap (Danramil 16/Panei Tongah) dan Perwira Upacara Kapten Arm MS Damanik (Pasi Pers KOREM 022/PT).

Peserta upacara terdiri dari barisan TNI, Polri, ASN, Satpol PP, Dishub, Pramuka dan Pelajar. Dihadiri oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Wakil Bupati H Zonny Waldi, Forkopimda, para pejabat tinggi Pratama, administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Simalungun, PP, TP PKK, Dharma Wanita Persatuan, Ormas dan undangan lainnya.

Upacara Harlah Pancasila ini mengusung Tema: "Gotong royong membangun peradapan dan pertumbuhan global". Ditandai dengan Pengibaran Bendera merah putih oleh petugas pengibar bendera, Hening Cipta dan Pembacaan Pancasila di pimpin oleh Irup serta Pembacaan UUD 1945 oleh Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani dan do'a dipimpin oleh Kakan Kemenag H Ahmad Sofian.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Letkol Inf Hadrianus Yossy antara lain menyampaikan, Pancasila sebagai pondasi negara dan pandangan hidup negara maka sudah dipastikan harus ikut dalam dialektika peradaban Dunia, dan harus tetap tangguh dan berdiri kokoh sebagai dasar filosofi bangsa. 

Untuk itulah dengan adanya peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 diharapkan mampu memberikan semangat pembaharuan baru setiap pribadi bangsa yang diimplementasikan dengan tindakan prilaku kita.

Dengan momen peringatan Hari Lahir Pancasila Provinsi Sunatera Utara Tahun 2023 perlu kita rajut kembali kebersamaan, hidup dalam kerukunan serta kebhinekaan dalam bingkai Pancasila yang tidak bisa dipisahkan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat yang heterogen dan majemuk ini.

Nilai-nilai Pancasila perlu dibumikan kembali melalui berbagai kegiatan dilingkungan masyarakat di tengah tengah keberagaman. Penghayatan nilai nilai Pancasila sangat penting sebagai upaya untuk merekatkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Melalui Hari Lahir Pancasila ini, mari kita secara bersama-sama membangun jiwa semangat 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, agar cita cita pembangunan yang kita harapkan dapat berdaya guna untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya Indonesia secara keseluruhan.

Sisi lain, dalam sambutan tertulis itu, Gubsu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak secara damai, aman dan lancar serta terhindar dari gangguan gangguan keamanan.

Masyarakat diharapkan tidak mudah terpancing isu isu hoax dan ujaran kebencian serta faham faham radikalisme yang saat ini berkembang dan dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.


Usai Upacara, Bupati Simalungun, Wakil Bupati, Forkopimda dan undangan lainnya mengikuti Upacara Harlah Pancasila Nasional secara virtual di Aula Koramil Model 08 Bangun.(ss/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini