PT Rapala Salurkan CSR Sambut Lebaran Idul Fitri Kepada Masyarakat Kabupaten Langkat

Editor: metrokampung.com
Penyerahan Bantuan : Masyarakat tampak gembira saat menerima  bantuan dari CSR PT. Rapala di Kecamatan Gebang dan Besitang. 

Langkat, Metrokampung.com
Perusahaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit, PT Raya Padang Langkat (Rapala) menyalurkan paket lebaran berupa bahan pokok kepada ratusan Kepala Keluarga di Kabupaten Langkat. Paket lebaran itu berupa beras sebanyak 12.2 ton, ratusan kotak sirup dan kain sarung maupun santunan kepada anak yatim-piatu/ dhuafa ini merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) perusahaan kepada masyarakat yang bermukim di kawasan operasional perusahaan tersebut, yakni di Kecamatan Gebang, Kecamatan Besitang dan Brandan Barat, Kecamatan Batang Serangan serta Kecamatan Bendahara dan Seruway di Kabupaten Aceh Tamiang.
       
“Ini merupakan salah satu program rutin tahunan yang dilakukan  perusahaan sebagai wujud konkret kepedulian dan kehadiran perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya,” ujar Direktur PT Rapala, Paul Baja M Siahaan yang diwakili staff Humas Kantor Direksi Medan, Defriansyah Ginting Manik, kepada wartawan, Rabu (3/4/202).


Secara teknis penyerahan paket lebaran ini dilakukan oleh pihak perusahaan lewat sejumlah unit perusahaannya. Penyerahan paket untuk masyarakat di Kecamatan Gebang dilakukan langsung oleh Deny H Damanik selaku Estate Manager PT Rapala kebun Gebang. 
       
Secara simbolis paket tersebut diserahkannya di Masjid Basam Salim, Jalan Diponegoro. Lingkungan II, Air Tawar Luar, Kecamatan Gebang yang diterima Ketua BKM Ishal Al Umri. Kemudian penyerahan yang sama dilakukan di Masjid At Tawakal Jalan Medan-Banda Aceh, Dusun X, Desa Air Hitam Gebang yang diterima oleh Perangkat Desa yang juga sekretaris BKM Abdul Hamid. 
       
Setelah itu,  penyerahan simbolis di Masjid Istiqomah Lingkungan II, Air Tawar, Gebang yang diterima oleh pengurus BKM.
       
“Ini kita serahkan secara simbolis untuk masjid-masjid yang berada di seputar operasional kebun RPL Gebang, untuk diteruskan kepada warga-warga yang berhak,” kata Deny H Damanik.
       
Sementara itu, penyerahan paket untuk masyarakat di Brandan Barat dilakukan oleh manajemen PT Mirabilis Tunggal Tualang kebun Besitang dan PT PPI Sri Timur kebun Brandan Barat. Di lokasi ini, penyerahan paket tersebut dilakukan secara simbolis oleh Estate Manager Mulyadi Sigalingging didampingi sejumlah stafnya, seperti Freddy Tobing, Toni Siahaan dan Natasyah Br Ginting Manik. 
       
Mereka menyerahkan paket kepada pengurus BKM Masjid Habibi, Kelurahan Kampung Lama, Kecamatan Besitang Ustadz Suprayogi dan kepada pengurus Masjid Nurul Hidayah, Desa Sekoci dan diterima langsung oleh kepala Desa H. Gunawan.
       
“Masyarakat penerima bantuan disini merupakan warga yang ada di lingkar operasional kebun yang wilayahnya masuk sebagian di Brandan Barat dan sebagian di wilayah Besitang. Hubungan perusahaan dengan mereka selama ini telah  berjalan dengan sangat baik,” ujar Mulyadi Sigalingging.
       
Penyerahan paket lebaran yang sama juga dilakukan kepada masyarakat di sekitar unit PT Rapala Kebun Besitang. Paket tersebut diserahkan secara simbolis oleh Estate Manager Ir. Daulat Siregar dan sejumlah staffnya di Masjid Al Ikhlas, Lingkungan III, Muarassoma, Kelurahan Pekan Besitang, Kabupaten Langkat. Di lokasi ini, paket tersebut diterima langsung oleh warga masyarakat selaku perwakilan dari pihak pengurus BKM Masjid Al Ikhlas.
       
“Semoga dengan program penyerahan CSR rutin seperti ini, jalinan persaudaraan masyarakat dengan perusahaan tetap terjalin baik. Dan tentunya ini juga menjadi kewajiban dari perusahaan kepada masyarakat sebagaimana regulasi yang ada,” ujar Defriansyah Ginting Manik saat mendampingi Daulat Siregar saat menyerahkan paket tersebut.
       
Selain program CSR rutin berupa penyerahan paket lebaran, PT Rapala pada seluruh unit usahanya menurut Defriansyah juga terlibat aktif dalam menyalurkan CSR dalam bentuk pembangunan beberapa sarana fisik untuk mendukung aktifitas masyarakat, seperti perbaikan jembatan di Dusun Kedaung Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang. Perbaikan dan pengerasan jalan menggunakan alat berat di Desa Telaga Sait, Kecamatan Sei Lepan. 
       
Selain itu bantuan perbaikan masjid dan gereja di Kecamatan Batang Serangan, dan masih banyak lagi, termasuk bantuan pengendalian kesehatan, yaitu makanan tambahan dan vitamin balita stunting, bantuan anak sekolah di Gebang dan beberapa kecamatan lainnya.
       
“Intinya kita senantiasa berusaha untuk berkontribusi kepada masyarakat sekitar perusahaan, selain merupakan kepatuhan terhadap regulasi pemerintah hal ini juga menjadi bagian penting dalam menjaga kekondusifan dan kemanfaatan perusahaan bagi masyarakat sekitar,” tegas  Defriansyah Ginting Manik, SH, didampingi staffnya Divai Pasaribu, SH. (BD)
Share:
Komentar


Berita Terkini