MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN HARIAN

Editor: metrokampung.com
 
Suasana Musrenbang tingkat Kecamatan, Aula Kantor Camat Harian.

SAMOSIR-METROKAMPUNG.COM
Kegiatan Musyawarah Perencaan  Pembangunan (MUSRENBANG) Tinggat Kecamatan, di Kecamatan Harian, diadakan di Aula Kantor Camat Harian, Sabtu (24/02/2018).

Dalam rapat Musrenbang tersebut, Bupati Samosir, yang diwakili Saul Situmorang pada sambutannya mengatakan, bahwa Pemkab Samosir siap mendukung dan akan memberi fasilitas dan peralatan pertanian sesuai dengan kebutuhan petani.

"Pemkab Samosir sudah mengetahui sendiri, Kecamatan Harian daerah pertanian penghasil padi dan sayur serta tanaman lainnya seperti kentang, kopi, jahe, bawang dll. Pemkab Samosir perlahan-lahan akan mempasilitasi peratan pertanian berupa tractor dan lainnya, sesuai dengan visi Kabupaten Samosir Berbasis Pariwisata dan Pertanian" ujarnya.


Kepaladesa Se-kecamatan Harian, Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan.
Saat dikonfirmasi wartawan metrokampung.com, dalam sambutannya, Sekcam Harian Harry Naibaho, menyampaikan bahwa Musrenbang Desa telah dilaksanakan dengan lancar dan terprogram, beliau juga berharap agar dalam Musrenbang Kecamatan ini  semua elemen warga masyarakat Harian memaknai dan menghargai untuk bersama-sama dapat merumuskan prioritas yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kabupaten.

"Bahwa secara umum masyarakat Kecamatan Harian dalam rembug desa sebelumnya mayoritas mengusulkan pembenahan pertanian dan peningkatan jalan yang kurang perhatian pemerintah di wilayah Kecamatan  Harian dan pengusulan pembangunan objek wisata," lanjut Harry Naibaho.

S.Sihotang tokoh masyarakat Kenegarian Sihotang -Harian mengatakan, bahwa masyarakat Harian khususnya kenegerian Sihotang berharap apa yang di usulkan di dalam musrenbang kecamatan dapat terealisasi demi kesejahteraan masyarakat Harian.

Rapat musrenbang tersebut, turut hadir, Anggota DPRD Kabupaten Samosir Bolusson Pasaribu, Camat Harian Roberthon Manik, Kepala- Kepala Desa se Kecamatan Harian, Tokoh Masyarakat, Kepala Dinas PUPR Pantas Samosir, Kepala Pimpinan BAPPEDA Rudi Siahaan, Kepala Dinas PPAMD Rawati Simbolon, Kepala Dinas BUPPORA Gonggom Naibaho, beserta Kepala SKPD lainnya.

Jenni Purba, memberikan arahan dan pencerahan ttg KPH dan progaram yang berhubungan dengan Sosial.
Camat Harian Roberthon Manik mengatakan, bahwa secara umum masyarakat Kecamatan Harian dalam rembug desa sebelumnya mayoritas mengusulkan pembenahan pertanian dan peningkatan jalan yang kurang perhatian Pemerintah di wilayah Kec.  Ronggur nihuta dan pengusulan pembangunan pea rihit menjadi objek wisata.

Kadis PPAMD, Rawati Simbolon dalam arahannya mengatakan agar kepala desa aktif mendorong dan merumuskan Perlunya BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) karena progaram pusat tentang penggunaan Dana Desa,BUMDes (Badan usaha mulik desa) masuk salah satu program prioritas/utama dengan tujuan agar desa dan masyarakatnya dapat memiliki usaha dan aset Desa.

Lanjutnya, Kepala desa harus tetap menjaga sifat gotong royong, Pemerintah Desa harus bisa melayani dengan tulus dan mengayomi masyarakat serta mengarahkan, agar progaram yang akan segera direalisasikan dapat berjalan dengan baik dan benar, Ujar Rawati Simbolon

Pelaksanaan Musrenbang kecamatan tersebut, Juga diwarnai dengan sesi tanya Jawab antara Tokoh Masyarakat dengan Pimpinan SKPD, yang dimoderatori Camat harian Roberthon Manik.

Diakhir acara Musrenbang tingkat kecamatan Harian melakukan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil musrenbang kecamatan yang dilakukan oleh perwakilan beberapa OPD dan Seluruh kepala desa se-kecamatan Harian,selanjutnya hasil kesepakatan tersebut ditandatangani Camat Harian Roberthon manik dan diserahkan kepada Kepala Bappeda Rudi Siahaan  sebagai bahan pembahasan ditingkat Kabupaten samosir.(Ton's/simon)
Share:
Komentar


Berita Terkini