Wali Kota Tanjungbalai Apresiasi Penanaman 65 Ribu Mangrove Oleh Polda Sumut

Editor: metrokampung.com
FOTO BERSAMA : Wali Kota H.M Syahrial berfoto bersama Karo SDM Polda Sumut Kombes Pol IK. Suwardana M.Si dan Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai SIK saat mengikuti penanaman 65.000 pohon mangrove yang dilaksanakan oleh jajaran Polda Sumut di Panton Dusun IV Desa Bagan Asahan Kabupaten Asahan, Senin (15/10). 

Tanjungbalai-metrokampung.com
Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH mengapresiasi program penanaman 65.000 pohon mangrove yang dilaksanakan oleh jajaran Polda Sumut dibeberapa lokasi di Kabupaten Asahan, Senin (15/10). Penanaman pohon itu dilakukan dengan tujuan untuk menahan abrasi, mengembangbiakkan biota laut dan pencegahan dini terhadap tsunami didaerah tersebut.

"Kegiatan ini patut diapresiasi. Saya yakin seluruh masyarakat maupun relawan lingkungan hidup yang ada di Asahan dan Tanjungbalai memiliki semangat tinggi mendukung penanaman pohon magrove ini serta mewujudkan lingkungan yang hijau, asri dan sejuk," ucap H.M Syahrial saat ikut dalam kegiatan penanaman pohon mangrove di Panton Dusun IV Desa Bagan Asahan Kabupaten Asahan.


Karena menurut Wali Kota, penanaman pohon mangrove itu selain memberikan penyadaran dan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya memelihara dan menjaga lingkungan, penanaman pohon mangrove itu juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menggantungkan hidupnya. "Insya Allah, saya yakin dan percaya tujuan yang mulia ini akan membawa manfaat dan kebaikan bagi kita semua", sebut Wali Kota.

Informasi yang diperoleh metrokampung.com untuk daerah Desa Bagan Asahan sendiri dilaksanakan penanaman pohon mangrove sebanyak 5.000 dan 1.000 tanaman keras dilahan seluas kurang lebih 5 hektar. Selain didaerah itu, juga dilakukan penanaman 30.000 pohon mangrove dan 2.000 pohon keras di Desa Sei Sembilang dengan luas area 30 hektar serta di Desa Sarang Elang ditanam 25.000 pohon mangrove dan 2.000 pohon keras dilahan seluas 25 hektar.

Hadir dalam kegiatan itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto SH diwakili Karo SDM Polda Sumut Kombes Pol IK. Suwardana M.Si bersama jajarannya, Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai SIK, Wakapolres Asahan Kompol Muhammad Taufik SIK, Kaban Kesbang Asahan, Forkopimda dan kepala OPD dilingkungan Pemko Tanjungbalai dan Pemkab Asahan, Kerukunan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Tanjungbalai-Asahan dan tamu undangan sekitar 700 orang.

Dalam sambutannya, Karo SDM Polda Sumut Kombes Pol IK. Suwardana mengatakan bahwa penanaman serentak itu dilakukan bersama masyarakat nelayan dan petani setempat di 5 Kabupaten se Sumatera Utara yakni Serdang Bedagai, Asahan, Langkat, Deliserdang dan Batubara dengan jumlah pohon mangrove yang sudah disediakan sebanyak 280 ribu.

"Saya ingin masyarakat memanfaatkan dan merawat tanaman mangrove ini, karena akan berguna bagi kita dan alam. Penanaman ini juga dilakukan untuk menahan abrasi, mengembangbiakkan biota laut dan pencegahan dini terhadap tsunami." ucap IK. Suwardana.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penali kasih dari Kapolda Sumut beserta jajaran sebanyak 4.000 paket kepada masyarakat nelayan se-Sumut. (laban/red)


Share:
Komentar


Berita Terkini