Komisi V DPR RI Kunker ke Deliserdang

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam - metrokampung. com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan   didampingi  Sekdakab Darwin Zein S.Sos, Asisten I Dedi Maswardy SSos, MAp  beserta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para  Camat   menerima Kunjungan Kerja  Spesifik Komisi V DPR RI yang dipimpin  Anggota DPR  RI.  Anton Sukartono Suratto,  guna  menerima masukan  dan informasi  tentang pembangunan Deli Serdang, di akhiri dengan tuka-menukar  cendramata  Kamis  (29/11/2018) di Aula Cendana Kantor Bupati  Deli Serdang, Lubuk Pakam.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan   kepada Tim  Spesifik Komisi V DPR RI  menjelaskan  bahwa  Kabupaten Deli Sedang dengan luas  wilayah 2.494 ,72 km2  / 249.772 Ha , jumlah penduduk tahun 2017,   2.114.627 Jiwa, kepadatan 847 jiwa /km2, 22 Kecamatan, 380  Desa  dan 14 Kelurahan , dengan Visi misi pembangunannya menjadikan Deli Serdang  yang maju berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinekaan artinya kami berharap Deli Serdang ini menjadi wilyah yang maju, masyarakatnya maju dan memenuhi daya saing ,masyarakat yang religius dan senantiasa hidup rukun dan damai.

Letak geografis Deli Serdang Sangat luar biasa dan sangat dipercaya bahwa Kabupaten Deli Serdang ini sesunguhnya adalah pintu gerbang Indonesia bagian barat ,  lewat  Pelabuhan udara Kuala Namu dan berdekatan dengan  pelabuhan  besar Belawan  sehingga  pemerintah pusat  menetapkan  daerah ini sebagai kawasan strategis  pembangunan, nasional.


Secara Teknis  Kepala Dinas Pekerjaan Umum(PU), Ir. Donald P Lumbantobing menjelaskan bahwa  Kabupaten Deli Serdang  mengelilingi Kota , sehingga  masyarakat Kota yang menuju dan keluar dari  Kota Medan  dipastikan  melewati Deli Serdang, kecuali melalui jalur laut dimana photograpi Deli Serdang  memiliki  daerah pantai yaitu  di  empat Kecamatan dengan potensi utama pertanian pangan, perkebunan, perikanan laut, pertambakan, perternakan dan pariwisata. Dataran rendah 11 Kecamatan potensi utamanya  pertanian pangan, perkebunan, perternakan, industri, perdangangan dan perikanan darat. Sedangkan  daerah pegunungan  berada di tujuh Kecamatan potensi utamanya  pertanian rakyat, perkebunan, perternakan, dan pariwisata.

Dijelaskan juga  bahwa  potensi pengembangannya pun cukup tinggi dengan kehadiran  proyek  Nasional seperti Jalan Tol Tanjung Morawa, Tebing Tinggi, Medan Binjai dan saat ini juga ada proyek nasional sumber daya air, irigasi dan bendungan Lau Si Meme  namun  perlu  penyelesaian khusus  sebab masih  ada masyarakat yang tinggal puluhan tahun disana yang terkena penggusuran lahan. Disampaikan juga  permasalahan di beberapa  jalan umum   yang dilintasi  rel kereta api hingga  saat ini  belum dilengkapi plang  pintu  sehingga  kerap terjadi  kercelakaan  yang   perlu menjadi perhatian.

Secara rinci dijelaskan berbagai permasalahan pembangunan  khususnya bidang  Infrastruktur dan transportasi yakni  terbatasnya kemampuan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam membiayai kebutuhan pembangunan prasarana jalan dibanding dengan tuntutan kebutuhan yang ada, belum terpenuhinnya aspirasi masyarakat untuk perbaikan jalan/jembatan dan irigasi secara optimal, tingginya kerusakan akibat bencana alam, tingkat pelayanan air minum bagi masyarakat trutama masyarakat pedesaan masih rendah, infrastruktur persampahan baik TPA,SPA,TPS/TPS 3R hingga moda pengankut sampa belum memadai, tanah eks HGU PTPN di daerah Kabupaten Deli Serdang yang status pemilikanya belum jelas

Katua Tim  Spesifik komisi V DPR RI  Anton Sukartono Suratto  bersama anggota tim menanggapi  berbagai masukan dan berbagai permasalahan pembangunan  yang ada di Kabupaten Deli Serdang  sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan  menyatakan akan disampaikan ke Kementerian yang bersangkutan. Seraya Ketua Tim  mengingatkan  kepada seluruh anggota tim  untuk menanggapi serius tentang permasalahan   di daerah ini  sehingga kunnjungan kerja ini benar-benar bermanfaat dan berhasil guna  sehingga kerjasama dengan Pemerintah di daerah terus  terjalin dengan baik.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini