Bupati Karo: Lima Desa Kategori Wisata Masuk Pembuatan Film Dokumenter Metro TV, Saksikan di Episode 8

Editor: metrokampung.com

Karo-metrokampung.com
Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi anggota DPRD karo Thomas Joverson Ginting, Asisten 1 pemerintahan Drs. Suang Karo Karo, Kadis BPMD Abel Tarawai, S.SOS. MT ,Kabag Pemdes Eva Angelina, menyambut kedatangan  audensi Tim  Crew Program Metro TV , Robinson Journey , Selasa (15/1) pukul 16.00 wib Di ruang kerja  Bupati Karo di Kabanjahe. 


Tim  Crew Program Metro TV , ini berkerjasama  dengan Kementrian Desa PDTT  dalam rangka Pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembangunan Desa Wisata di Kabupaten Karo. Kegiatan tersebut ditargetkan pada daerah daerah yang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai Daerah Tujuan Wisata yang Baru sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Disamping itu, kita juga tadi sudah sampaikan kepada rombongan  salah satu  kab. Karo juga terkenal dengan komoditi penghasil Kopi karo bernama kopi Cimbang,  Hal ini dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana disaat menerima tim rombongan diruang kerjanya. 

Selain kopi Cimbang, potensi desa di kab. Karo, patut kita acungkan jempol sebagai Kawasan destinasi wisata, misalnya air panas di desa Semangat Gunung, puncak Gundaling di desa Merdeka, danau toba di Tongging Merek, Pelangkah Gading di Desa Kutambaru Munte dan Hamparan Sawah di desa Sugihen.

Menurut Terkelin, semua desa ini yang disebutkan diatas berada di kab. Karo dan layak untuk dipromosikan ke nasional bahkan ke internasional," kata Terkelin.

Sementara Tim  Crew Program Metro TV  Robinson Journey dan Gisel mengatakan berterimakasih atas penyambutan Bupati Karo bersama OPD terkait dalam rangka silaturahmi sejak hari minggu (13/1) sudah berada di kab. Karo untuk melihat potensi potensi yang kami nilai layak untuk dibuat film dokumenter khususnya potensi desa," ujar Robinson didampingi kru Metro TV dari Jakarta. 

Selama 3 (tiga) hari berkelana dan bertualang  kami sudah mempetakan desa yang akan kami jadikan sebagai film dokumenter diantaranya air  panas di desa Semangat Gunung, puncak Gundaling di desa Merdeka, danau toba di Tongging Merek, Pelangkah Gading di Desa Kutambaru Munte dan Hamparan Sawah di desa Sugihen," tutur Robinson.

Intinya saya sependapat yang telah diutarakan bupati karo diatas, hanya selama ini sepengetahuan kami, yang kami  ketahui potensi wisata hanya Danau Toba, jadi setelah berada di Sumatera Utara khususnya kab. Karo ternyata masih banyak potensi desa  yang layak di angkat kepermukaan, ini sudah kita rencanakan pemutaran film dokumenter nantinya di episode 8 di Metro TV," katanya.

Kegiatan seperti ini, sudah biasa kami lakukan dan sudah biasa berpetualang berminggu minggu bahkan berbulan bulan, untuk adventure ke desa desa, kemaren sudah kami lalui Pekanbaru, Sumatera Barat, sekarang ini wilayah Sumatera Utara, habis ini besok ke wilayah Aceh.

Selama adventure ini, ada kesan khusus yang kami lakukan, dimana daerah daerah lain hanya kita lakukan sebanyak 2 episode film Dokumenter, tapi khsusus Sumut plus kab. Karo kita buat 4 Episode, ini jarang terjadi, tapi karena potensi desa wisata di kab. Karo segera kita angkat dan tayangkan nantinya agar  masyarakat luas maupun luar negeri tahu bahwa kab. Karo kaya akan potensi desa wisata," ujar Robinson dan Gisel.

Kepala Dinas BPMD Abel Tarawai, S. SOS, MT menyampaikan sebelum tim crew dari Jakarta datang kita sudah mendata desa desa terlebih dahulu  yang layak kita tunjukkan, melalui kepala desa.

Kendati demikian, kuncinya tetap kepada tim crew dari Jakarta yang menentukan layak atau tidak desa tersebut dijadikan film dokumenter," ucap Abel.(Amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini