SUMUT

NASIONAL

Tahun 2018, BUMDes Maju Bersama Bukukan Harta Rp 320 Juta dan SHU Rp 44 Juta

Selasa, 08 Januari 2019 | 21.06 WIB
Kali Dibaca |

PENYERAHAN: Ketua BUMDes Rabiah saat menyerahkan alokasi PADes kepada Kades Husinsyah dalam acara laporan tahunan BUMDes Maju Bersama di aula kantor Desa Sei Jawi-Jawi Sei Kepayang Barat Asahan, Selasa (8/1).

Sei Kepayang-metrokampung.com
Sampai di tahun buku 2018, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama Desa Sei Jawi-Jawi Kecamatan Sei Kepayang Barat Kabupaten Asahan membukukan harta/aset sebesar Rp. 320.496.741,-. Terkhusus tahun ini, BUMDes itu juga membukukan perolehan Sisa Hasil Usaha (SHU) Rp. 44.674.250. Hal itu disampaikan Ketua BUMDes Rabiah dalam laporan tahunannya yang diselenggarakan di aula kantor Desa Sei Jawi-Jawi Sei Kepayang Barat Asahan, Selasa (8/1).


Dalam laporannya juga dipaparkan bahwa pencapaian harta/aset BUMDes itu dimulai sejak berdiri 3 tahun lalu yang bersumber dari Dana Desa tahun 2015 dengan modal awal Rp. 44.644.439,- ditambah DD 2016 Rp. 98.694.900,- dan DD 2017 sebesar Rp. 125.611.400,- juga ditambahkan perolehan laba bersih selama 3 tahun yaitu sebesar Rp. 51.546.002.-. Sementara bidang usaha yang dikelola BUMDes itu selama ini diantaranya Bank Desa dan kerjasama dengan pihak ketiga yakni UD. Izzara dan CV. Akbar Jaya.


Sementara hasil perolehan SHU ditahun 2018 tersebut dialokasikan sebanyak 40% untuk penyertaan modal sejumlah Rp 9.601.820,- dan 25 % untuk honor pengurus dan PADes masing-masing sebesar Rp. 6.001.137,-. Dan 5% untuk alokasi dana sosial dan dana pendidikan masing-masing Rp. 1.200.227,- yang akan diberikan untuk membantu warga fakir miskin serta untuk membantu pendidikan anak-anak didesa itu.


"Hasil pencapaian BUMDes ini adalah berkat dukungan serta kerjasama seluruh pihak, baik pengurus, jajaran pemerintah desa serta masyarakat. Untuk itu kami sebagai pengurus BUMDes sangat berterimakasih,"tutup Rabiah.


Kadis PMD Asahan Syamsudin yang turut hadir dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kinerja BUMDes itu merupakan yang terbaik dari seluruh BUMDes yang ada di Asahan. "Berdasarkan analisa dan evaluasi kami, dari 177 desa yang memiliki BUMDes, kinerja BUMDes desa ini yang terbaik. Sudah berjalan mandiri dan dapat menghasilkan PADes serta alokasi dana lainnya. Dan juga dari laporan tahunan hari ini, pembukuannya transparan. Untuk itu, harapan kita untuk terus ditingkatkan," ucapnya.


Plt. Camat diwakili Khairudin juga mengapresiasi kinerja BUMDes itu. "Selama 3 tahun berjalan, pergerakan BUMDes sangat baik dan sudah mandiri. Hasil pencapaian saat ini merupakan pondasi Bumdes ini untuk meningkatkan kinerjanya ditahun berikutnya khususnya demi kesejahteraan masyarakat desa ini sesuai cita cita dari pemerintah pusat melalui program Dana Desa," ucapnya.


Turut hadir dalam kegiatan laporan tahunan BUMDes tersebut, Kades yang baru terpilih Husinsyah, Mantan Kades M. Daud Hasibuan, Ketua Asosiasi Bumdes Asahan Ahmad Bajuri, Ketua LP2MI Husaini Abduh, pengawas BUMDes beserta seluruh perangkat desa.


Diakhir kegiatan itu dirangkai dengan pemberian bantuan sembako kepada 22 warga fakir miskin, jompo, anak duafa dan yatim piatu, kemudian penyerahan PADes kepada pihak desa setempat yang berasal dari alokasi dana sosial SHU BUMDes tahun buku 2018. (laban/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru