PARIWISATA

NASIONAL

KEMERIAHAN PARTANGIANGAN BONATAON PARBONA PASOGIT RURA SIHOTANG

Minggu, 24 Februari 2019 | 07.51 WIB
Kali Dibaca |


Samosir-metrokampung.com
Ribuan masyarakat khususnya pomparan Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang hadiri pesta syukuran (partangiangan) bonataon parbona pasogit Rura Sihotang, Sabtu (24/02/2019) yang dilaksanakan di kawasan tugu Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang Desa Sampur Toba kecamatan Harian kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Syukuran bona taon, diawali doa dari agama islam dilanjut ibadah dengan menyanyikan berbagai lagu rohani serta diisi dengan renungan yang dibawakan agama kisten protestan dan katolik.

Maringan Sihotang,Ketua PPRS(Pakai Peci)Pdt.Toga torop,Pendeta Resot HKBP Sihotang (Pakai Ulos)

Pesta syukuran (partangiangan) bonataon parbona pasogit Rura Sihotang dengan Thema:MENJALIN TALI PERSAUDARAAN SIHOTANG BORU-BERE-IBEBERE-PAHOPPU SE-KABUPATEN SAMOSIR, suasana akrab pomparan raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang dan masyarakat yang berdomisili di Rura Sihotang sangat terlihat bersama diiringi Gondang batak. Dengan leluasa menyapa dan bercengkrama sesama pomparan raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang yang tinggal dibona pasogit Rura Sihotang dan yang tinggal diluar Rura Sihotang.

Dalam acara syukuran bona taon par bona pasogit Rura Sihotang secara spontanitas mengumpulkan dana hingga suksesnya acara tersebut,pengumpulan dana dilakukan melalui lelang makanan khas batak, bordiran ulos dan sumbangan lainnya.

Penampilan sanggar seni budaya SATAHI SAOLOAN binaan Ingot Limbong, membuat suasana makin meriah dengan menampilkan anak-anak sanggar yang punya talenta manortor yang merupakan budaya batak sebagai jalan untuk saling menghormati sesama,serta memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk diberi perlindungan dan dijauhkan dari segala mara bahaya.Ditambah lagi dengan penampilan penyayi/trio batak asal kenegerian sihotang seperti Sihotang Brother/Prodeo Trio, Wilma Cs Trio dan siseruling maut Robintang Sihotang yang sangat terkenal dengan skil dan kemampuannya dalam seni tarik suara dan memainkan alat musik tradisional yang membuat suasana makin meriah penuh keakraban.


Berbagai acara di laksanakan, perkenalan anggota DPRD Kab. Samosir bermarga Sihotang, delapan orang kepala desa bermarga Sihotang, dari delapan kepala desa tujuh kepala desa marga Sihotang berada di kecamatan harian dan satu kepala desa di kecamatan pangururan,makan bersama,bernyanyi juga manortor. Inilah yang membuat acara partangiangan bonataon.  Kali ini begitu meriah dan menunjukkan semakin menambah eratnya tali persaudaraan antara Pomparan Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang.

Di tengah riuhnya suasana pesta bona taon ini, calon Legislatif Dapil IV yang meliputi Kec.Sitio-tio, Kec. Harian, Kec. Sianjur Mula-mula, putra asli Sihotang Nirma sihotang, Agus Sihotang hadir di acara tersebut, dan yang sangat menarik perhatian hadirnya Baringin Sihotang Anggota DPRD Kab.Samosir yang sekarang mencalonkan diri untuk duduk kembali di legislatif dapil I meliputi Kec.Pangururan dan zronggur Nihuta.

“Agus sihotang yang berdiri berdampingan bersama Nirma Sihotang, dalam sambutannya mengucapakan delamat atas pelaksanaan pesta partangiangan Bonataon parbona pasogit rura sihotang pada hari ini,semoga melalui Pesta Bonataonon ini kita terus menjalin silaturahmi antara sesama pomparan Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang,dan menjadikan momen ini menjadi pemersatu",ujarnya.

Hal senada di ucapkan Nirma Sihotang, terimakasih untuk panitia, tokoh agama, tokoh adat, bius dan seluruh masyarakat rura sihotang.Ini salah satu contoh kekompakan pomparan Raja Oppu Sigodang Ulu Sihotang,kebersamaan ini harus tetap kita jaga dan kita rawat, Parbona pasogit rura Sihotang menjadi contoh kekompakan nya di mata marga-marga lainnya,"mari kita buktikan dengan mendukung penuh putra putri terbaik rura sihotang",ajak Nirma.

(Ton's)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru