Rakor Pemilu : Kades, Perangkat Desa dan ASN di Minta Netral

Editor: metrokampung.com
Forkopimda, para penyelenggara pemilu tingkat kabupaten Labura di abadikan di acara Rakor pemilu serentak tahun 2019. 

Labura-metrokampung.com
Komisi pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) Sosialisasi Pemilu 2019 di acara Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan menghadapi pemilu serentak tahun 2019 bekerja sama dengan Pemerintah Labura yang dilaksanakan  di Aula Ahmad Dwi Syukur kantor Bupati Labura, Senin (4/1).

Dalam acara Rakor itu, Maruli Sitorus selaku Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Labura,  "Berharap kepada Kepala Desa, Perangkat Desa dan ASN di Labura, agar independen, netral dan jangan ada yang berkampaye yang menguntungkan salah satu peserta pemilu," kata Maruli.

Dijelaskannya, bagaimana sangsi terhadap kepala desa, perangkat desa dan ASN yang terlibat kampaye terancam pidana kurungan 1 tahun.

Suasana Rapat Koordinasi (Rakor)  Persiapan Menghadapi Pemilu Serentak tahun 2019 di Aula Ahmad Dwi Syukur kantor bupati Labura. 

"Jika ada Kepala Desa, perangkat Desa dan ASN yang tidak Netral agar disampaikan kepada kami (Bawaslu). Dan demikian dengan panwaslu yang ada di kecamatan dan desa agar proaktif melaksanakan tugas dan fungsinya  jika ada yang tidak melaksanakan pengawasan nya sampaikan kepada kami," kata Bawaslu.

Sebelumnya acara Rakor yang dibuka langsung Bupati Labura H Kharuddin Syah, SE mengatakan, pesta demokrasi tentu akan mempunyai dampak sosial politik maupun dampak keamanan. Kenaikan suhu politik dimasyarakat harus dapat di redam, gesekan di masyarakat harus di netralisisir, dan ujaran kebencian di media sosial harus di tanggalkan.

"Kita harus bersinergi, berkolaborasi, dan bekerjasama untuk kesuksesan pemilu serentak ini, agar berjalan tertib dan lancar dalam kondisi aman dan nyaman", ujar bupati Labura.

H Kharuddin Syah,  yang juga ketua PD II FKPPI Sumut ini meminta kepada peserta rakor terdiri dari kepala OPD, Camat, Kepala Desa/lurah, pimpinan parpol, pimpinan ormas, OKP, tokoh masyarakat, tokoh agama, toko adat, dan toko pemuda untuk mensosialisasikan, meneruskan dan menyampaikan kepada bawahan di lingkungan kerja, kepada anggota, jamaah, dan masyarakat luas.

"Berikan informasi kepada mereka, seperti apa yang saudara-saudara dapat dari rakor ini, karena menyerbakan informasi pemilu serentak kepada masyarakat, kita berharap partisipasi pemilih pada tahun ini meningkat", pungkas yang akrab di sapa Haji Buyung.

Setelah dibuka secara resmi oleh Bupati, acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang pemilu serentak oleh  Ketua KPUD Labura  Heriamsyah Simanjuntak SHi, dan  Syafru EL Fauzi LC. MA,  Adi Susanto ST, James Ambarita, Habibullah SP, selaku komisioner KPUD juga Bawaslu Labura  Maruli Sitorus.

Dihadapan, Bupati Labura, Dandim 0209 Labuhanbatu Letkol Inf. Santoso, pihak kepolisian, Sekda Labura Habibuddin Siregar,AP, anggota DPRD Labura,pimpinan Partai peserta pemilu,  Para OPD, Camat, Kepala desa/ Lurah se-Labura, OKP, Ormas, Tokok agama, Tokoh masyarakat  dan lainnya. (stjg/kur/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini