SUMUT

NASIONAL

WABUP KARO TERIMA DSP RP 11.534.200.000 DARI BNPB

Jumat, 15 Februari 2019 | 11.55 WIB
Kali Dibaca |


Karo - metrokampung.com
Penyerahan secara simbiolis dana siap pakai (DSP) bantuan sewa rumah dan sewa lahan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diwakili Direktur Penanganan Pengungsi, Tavip Joko Prahoro dan Kolonel  Yutfi Sanjaya diterima langsung Bupati Karo Terkelin Brahmana melalui Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang didampingi Sekda Kabupaten Karo, Kamperas Terkelin Purba dan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Martin Sitepu, Kamis (14/2), di ruang rapat Bupati Karo.

Bantuan ini dikirim dalam dua tahap, yaitu 1. Dana Siap Pakai (DSP) Kabupaten Karo telah ditransfer tanggal 29/12/2018 sebesar Rp.2.167.400.000,- Selanjutnya, sisanya ditransfer pada tahap kedua  tanggal 8 Februari 2019 sebesar Rp.11.534.200.000,-.

Direktur Penanganan Pengungsi BNPB, menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan ini adalah stimulan yang langsung diberikan ke warga, mekanisme penyaluran melalui tahapan-tahapan verifikasi sesuai aturan yang berlaku dan akan ditransfer langsung ke rekening warga penerima, ujar Tavip Joko Prahoro.

“Selanjutnya warga yang akan membayarkan ke pemilik rumah dan pemilik lahan yang disewa. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga terdampak dan jangan sampai disalah gunakan, manfaatkan sesuai peruntukannya,” harapnya.

Wakil Bupati Karo, Cory S Sebayang dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Karo patut bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat yang terus memperhatikan Kabupaten Karo.

Pemkab Karo akan menindaklanjuti dan melaksanakan sesuai instruksi BNPB dengan tata kelola yang baik. “Semoga bantuan DSP bantuan sewa rumah dan sewa lahan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Karo khususnya yang tertimpa musibah bencana Sinabung, katanya.

Sementara Kalak BPBD Karo Ir. Martin Sitepu mengatakan sudah melengkapi semua persyaratan yang diminta BNPB.

Tavip Joko Prahoro dan Kolonel  Yutfi Sanjaya dalam kesempatan itu juga kembali menyampaikan enam (6) Instruksi Presiden terkait penanganan kebencanaan dan keterlibatan warga.

Selanjutnya, penyerahan secara simbolis dihadiri Wakil Bupati, Cory S Sebayang, Sekda Karo, Kamperas Terkelin Purba, Kepala BPBD, Martin Sitepu, Dandim 0205, Letkol Inf Taufik Rizal, SE, Danyon Infanteri 125/Simbisa Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, perwakilan Kapolres Karo, BPBD Provsu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo Natanael Peranginangin dan perwakilan warga penerima sewa rumah dan lahan(Amr/mk)

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru