SUMUT

NASIONAL

Bersama Babinsa Laguboti Gotong Royong Bersihkan Irigasi Pertanian

Selasa, 19 Maret 2019 | 23.05 WIB
Kali Dibaca |

Babinsa Laguboti beserta staf Lakukan Aksi Gotongroyong Guna Memperbaiki Saluran Irigasi.

Tobasa-Metrokampung.com
Komandan Rayon Militer Laguboti Kabupaten Tobasa Letda Infantri Alomoan Sidabutar pimpin gotongroyong guna memperlancar irigasi pertanian di Desa Ompu Raja Hutapea Timur Kecamatan Laguboti.

Kegiatan gotongroyong yang dihadiri sejumlah masyarakat Desa Empu Raja Hutapea Timur, Kepala Desa Jaya M. Hutapea,  beserta tokoh masyarakat.

Hal ini adalah wujud abdi Negara,  peran serta TNI untuk melindungi rakyat dari berbagai ancaman, baik kebutuhan pangan, keamanan, maupun ancaman perang sekalipun, "untuk melindungi segenap rakyat Indonesia ketus Alomoan.

Sementara Babinsa pendamping Koramil Laguboti Rustam Siringo-ringo mengatakan kepada Metrokampung pada selasa, (19/3"19) waktu setempat, hal ini adalah wujud menghidupkan budaya gotongroyong yang pernah di rintis para tetua dulu.

Rustam yang merupakan Babinsa Desa Ompu Raja Hutapea Timur anggota Koramil 16 Laguboti bersama masyarakat melaksanakan karya bakti dengan sasaran membersihkan irigasi pertanian Desa Ompu Raja Hutapea Timur.

Bersama masyarakat Desa Ompu Raja Hutapea Timur melaksanakan aksi gotong-royong untuk membersihkan Irigasi yang selama ini rawan akan air hingga sawah tak terairi.

Pemeliharaan akses Irigasi, kembali dilaksanakan setelah beberapa bulan kebelakang sempat vakum dan mengakibatkan jalur air ini tidak terawat, hingga berpotensi pertanian rakyat tak mendapatkan hasil panen dengan baik ketus Ringo-ringo.

Menurut Kades Ompu Raja Hutapea Timur, Jaya Hutape, kegiatan membersihkan Irigasi secara swadaya dan dilaksanakan secara manual dengan membawa alat kerja bakti seadanya.

"Kegiatan tersebut dipelopori dan dikoordinasi oleh Babinsa yang bekerja sama dengan Kepala Desa dan juga Perangkat Desa Ompu Raja, Hutapea Timur," ujarnya.

Kades Jaya mengatakan, jalur yang mendapat perawatan kegiatan kerja bakti, akan diaktifkan setiap harinya.

"Pembersihan sarana Irigasi  agar kondisi saluran air lebih rapi sehingga warga sekitar dapat menanam padi tepat waktu sebut Babinsa Ringo-ringo.  (*e/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru