SUMUT

NASIONAL

Wabup Zainuddin Mars BukaMTQ dan FSQ Deliserdang

Rabu, 06 Maret 2019 | 20.15 WIB
Kali Dibaca |


Lb Pakam - metrokampung. com
Musabaqah Tilawatul Quran (MTQ) ke 52 dan Festifal Seni Qasidah (FSQ) ke 41 Kabupaten Deliserdang Tahun 2018, yang di pusatkan di Lapangan KB Komplek Stadion Baharoedin Siregar Kecamatan Lubuk Pakam, resmi dibuka Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars, Selasa (5/3) malam.


Pembukaan MTQ dan FSQ ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara H Wagirin Arman S.Sos Bersama Wakil Bupati H Zainuddin Mars didampingi  Ketua DPRD Deli Serdang Riky Prandana Nasution SE, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Kajari Deli Serdang Harli Siregar SH M.Hum. Pengadilan Agama Lubuk Pakam Drs. H Amir Hamzah SH,Waka Polres Deli Serdang Kompol Arnis Syafni Yanti SE, Wakil Ketua TP PKK Ny Hj Asdiana Zainuddin, Sekdakab Darwin Zein, Ketua Dharmawanita Herawati Darwin Zein, Asisten I Setdakab Dedi Maswardi, Pimpinan OPD beserta Camat Se Deli Serdang,Ketua MUI Deli Serdang,  serta pengibaran bendera MTQ dan FSQ  serta dihibur tarian klosal  berjudul “Terpegah”  oleh Lembaga kesenian bunga tanjung Kecamatan Pagar Merbau didukung oleh 120 Siswa-siswi SMA N 2 Lubuk Pakam dan  MAN 2 Deli Serdang.


Di hadapan puluhan ribu pengunjung pada acara pembukaan itu,   Wakil Bupati H Zainuddin Mars melantik  47 orang Dewan Hakim serta menyerahkan Trofhi bergilir MTQdan FSQ kepada panitia untuk diperebutkan kembali , seraya  menyampaiakan rasa gembira dan bangganya bahwa pembukaan MTQ dan FSQ ini yang kita awali sejak tadi pagi dengan Pawai Ta’aruf dan Pameran Pembangunan MTQ ternyata mendapat sambutan yang sangat meriah dari masyarakat  serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas peran serta mensukseskan acara ini, dimana dari tahun ke tahun semakin baik pelaksanaannya..

Dikatakan lagi bahwa kegiatan ini diharapkan tidak sekedar serimonial agenda rutin saja ,  tapi lebih jauh dari itu  momentum penyelenggaraan acara ini untuk  memiliki tekad  menjadikan anak-anak generasi muda penerus menjadi generasi yang religius.

"Ini penting artinya ketika kita ingin terus membangun  bangsa  ini kita harus persiapkan generasi muda pemimpin bangsa ke depan. Di dalam  dirinya tertanam  keimanan dan ketaqwaan, sehingga menjadi sesuatu tuntutan kita  dimasa kini dan dimasa yang akan datang, karena tantangan di era globalisasi sekarang yang disertai lajunya perkembangan teknologi informasi semakin kompleks," bilangnya.

Lanjutnya kita membutuhkan selain ilmu pengetahuan  yang tinggi tapi juga harus diisi dengan keimanan dan ketaqwaann  agar generasi muda kita  ke depan  tidak kehilangan jatidiri sebagai bangsa  yang besar.

Wabup H Zainuddin Mars  yang  tidak berapa lama lagi akan mengakhiri masa jabatannya tidak lupa berpesan kepada seluruh pemegang kepentingan , Camat, Kepala Desa agar menempatkan masalah pembangunan masyarakat yang religius menjadi skala prioritas kita untuk   membangun bangsa dan negara ini   dan membangun Kabupaten Deli Serdang. Sehingga hal ini sejalan dengan cita-cita pembangunan  untuk mewujudkan Deli Serdang yang maju, berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinekaan.

Serupa disampaikan Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman SSos bahwa  lewat kegiatan ini  telah menggugah rasa tanggung jawab kita sebagai  umat Tuhan  bahwa  begitu pentingnya memahami makna dari ajaran agama yang kita yakini, pada hakekatnya dilaksanakannya MTQ dan FSQ ini , kita semua bisa membangun jiwa kita agar dapat memahami  makna dari isi kandungan Al-Qur’an  dalam rangka membenarkan  dan menyempurnakan iman kita, menyempurnakan amal sholeh kita serta meningkatkan tanggung jawab  ibadah kita , sebagai pemimpin  di tingkat rumah tangga, pemimpin di tingkat masyarakat  dan ditingkat apapun namanya.

Sementara  Ketua DPRD Deli Serdang Ricky Prandana Nasution  yang juga sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatannya berharap seluruh generasi muda  muslim kedepan lebih mencintai  Al-qur’an  serta menguasai  apa itu Rukun Iman dan Rukun Islam  dan dilaksamaam dam di amalkan dalam kehidupan  sehari-hari.

 Karenanya pelaksanaan  MTQ dan FSQ ini  kita  jadikan untuk menjadikan  anak-anak Deli Serdang faham  membaca Alqur’an.

Ketua panitia Penyelenggara MTQ dan FSQ tingkat Kabupaten Deli Serdang tahun 2019 Asisten I Setdakab Dedi Maswardi menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ danFSQ  yang  berlangsung hingga Sabtu (9/3) diikuti  oleh 907 Qori- Qoriah dan FSQ termasuk  official, sementara  Dewan Hakim berjumlah 47 orang.

Sedangkan  Cabang  MTQ yang diperlombakan meliputi cabang  cabang Tilawatil Qur’an, Hifsil Qur’an, Tafsir Qur’an, Fahmil Qur’an,  Syarhil Qur’an,  Khat Al Qur’an,makalah ilmiah Alquran, Qiraat Sabaah Mujawwad dan Murattal, Grup Seni Qasidah putra-putri.(dra/mk)

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru