SUMUT

NASIONAL

Danramil 16 Laguboti Hadiri Upacara Bendera di SMKN Laguboti

Rabu, 29 Mei 2019 | 20.13 WIB
Kali Dibaca |



Laguboti-Metrokampung.com
Senin (27/5/2019) jam 07.00 waktu setempat, suasana hening, tampak berbeda seperti biasanya pada SMKN 1 Laguboti.

Terlihat dinas militer menghiasi podium, tak lain adalah untuk prosesi pengibaran bendera merah putih. Para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Laguboti dengan barisan ala militer menghiasi lokasi lapangan upacara bendera.

Inspektur Upacara yang langsung dipimpin Danramil 16 Laguboti Lettu Infantri Alomoan Sidabutar, menginspirasi dengan tatatertib upacara, laporan komandan upacara kepada insfektur upacara.

Kemudian,  penghormatan kepada insfektur upacara,  pengibaran bendera merah putih, pembacaan janji siswa dan undang-undang dasar 1945 serta pembacaan teks pancasila oleh insfektur upacara.

Lettu Infantri Alomoan Sidabutar selaku Insfektur upacara membacakan amanat yang pada intinya mengajak generasi muda sebagai generasi bangsa,  BANGUN PEMUDA, SATUKAN INDONESIA”.

Ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi muda untuk memenangi “pertarungan” masa depan,sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indonesia.

Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, Kedua, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni,  Ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional.

Gagasan ini untuk mengimplementasikan komitmen pada nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan melalui sebuah manifestasi sikap pemuda Indonesia untuk mengisi serta menjawab berbagai peluang dan tantangan bangsa Indonesia saat ini dan yang akan datang.

Pada perspektif yang sama, Undang-undang juga menggaris bawahi peran pemerintah, masyarakat dalam pelayanan kepemudaan untuk menciptakan pemuda yang maju, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

Demikian, mudah-mudahan pedoman ini dapat menjadi instrumen untuk para aiswa-siswi SMKN 1 Laguboti dalam konteks gerakan revolusi mental.

Acatra tersebut memang cukup bersahaja, disamping masing masing siswa-siswi  dan dewan guru memakai pakaian khas upacara bendera dengan nuansa siaga.

Generasi muda harus kita dorong dan kita fasilitasi untuk dapat menuntut ilmu setinggi mungkin, termasuk pembinaan wawasan kebangsaan, pembinaan prestasi pemuda melalui olah raga karena generasi muda merupakan aset strategis bangsa imbuhnya.

Pada kesempatan itu, turut hadir Kepala Sekolah Drs.Mutiha Hutajulu, M. Pd, seluruh guru dan Staf SMK N 1 Laguboti  beserta siswa-siswi SMKN 1 Laguboti. (e/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru