SUMUT

NASIONAL

Tingkatkan Gairah Agro Wisata Pelangkah Gading 6000 Ekor Bibit Ikan Ditabur Di Sungai Namo Raya Desa Kuta Mbaru

Kamis, 23 Mei 2019 | 12.50 WIB
Kali Dibaca |


KARO – METROKAMPUNG.COM
Dalam rangka meningkatkan gairah pengembangan  destinasi wisata baru di dataran tinggi Karo, Dinas Perikanan Kabupaten Karo tabur benih ikan sebanyak 6000 ekor  di aliran sungai Namo Raya , desa Kuta Mbaru, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, Rabu (22/05/2019) pukul 15:00 Wib.

 Tabur benih ikan dikawasan Puncak Pelangkah Gading yang langsung dilepas Kadis Perikanan Metehsa Purba  beserta stafnya, turut juga dihadiri Kadis DPMPD Abel Tarawai Tarigan Kedes Kutambaru Benyamin Sembiring, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, Karang taruna dan warga setempat.

Kepada wartawan, Metehsa Purba  menjelaskan,  kegiatan tabur benih yang dilakukan jajarannya berawal dari adanya permohonan pemerintah desa Kuta Mbaru. Setelah melalui berbagai persyaratan dan peninjauan , ternyata aliran air dilokasi memang layak untuk dilakukan pengembangbiakan jenis ikan Nila dan Emas disamping lokasi aliran sungainya berdekatan dengan lokasi wisata puncak Pelangkah Gading.

“Disamping sebagai daya tarik objek wisata puncak Pelangkah Gading , ikan ini juga nantinya diharapkan sebagai peningkatan pendapatan warga juga sekaligus sebagai bahan penambah gizi masyarakat desa," jelas Purba.

Dalam kesempatan itu Kadis Perikanan berharap kiranya warga desa ikut menjaga kelestarian alam khususnya aliran sungai agar tidak tercemar ,” Mari sama sama menjaga kelestarian aliran sungai agar tidak tercemar, sehingga pertumbuhan ikan dapat optimal, kalau warga ingin mengambil ikan kiranya  tidak menggunakan cara cara yang dapat menghambat pengembangbiakan ikan seperti  cara  menyetroum dengan listrik, meracun sungai maupun menabur jaring (jala) karna hal itu bisa menyebabkan ikan tidak dapat berkembang biak dan bisa punah keberadaan nya," ungkap Metehsa.

Sementara itu Kades Kutambaru , Benyamin Sembiring mengungkapkan rasa haru dan terima kasih yang mendalam kepada pihak pihak yang sudah memberikan perhatian terhadap pengembangan wisata puncak Pelangkah Gading yang ada di wilayah desanya guna meningkatkan kesejahteraan warganya.

   "Kami menghaturkan ucapan terima kasih kepada kadis perikanan kabupaten Karo atas perhatian yang diberikan dengan me-realisasikan apa yang diharapkan oleh warga desa Kutambaru selama ini, semoga dengan bantuan benih bibit ikan yang telah kami terima ini dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,”ungkap Benyamin.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru