SUMUT

NASIONAL

UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-111 TINGKAT KABUPATEN SAMOSIR

Senin, 20 Mei 2019 | 23.21 WIB
Kali Dibaca |

Kapolres Samosir,Ketua DPRD Kab.Samosir & Wakil Bupati.

Samosir, Metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Samosir bersama unsur TNI/ Polri, BUMN/BUMD dan pelajar melaksanakan upacara bendera untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111 Tahun 2019, Senin (20/5/2019) di Tanah Lapang Pangururan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara. Turut hadir Wakil Bupati Samosir, Ketua DPRD Samosir, Kapolres Samosir, Pabung 0210 TU, Sekda, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Camat Pangururan, Kakandepag Samosir, Kepala Lapas Pangururan, Ketua dan Wakil Ketua serta anggota TP PKK Samosir.


Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara menyampaikan yang dibacakan langsung oleh Bupati Samosir, "Bahwa memperingati Hari Kebangkitan Nasional mengingatkan kita akan Sumpah Palapa. Sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia," bacanya.

Lanjutnya,Wilayah nusantara yang disatukan oleh gajah mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat pahlawan nasional untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara De Jure terwujudnya dalam NKRI saat ini.


Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 Tahun 2019 dengan Thema "Bangkit Untuk Bersatu", dengan harapan seluruh warga Indonesia bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya yaitu " Gotong Royong".

Menurut Bung Karno, Jika kuperas yang lima ini menjadi satu maka dapatlah aku satu perkataan yang tulen, yaitu perkataan gotong royong. Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan-keringat bersama, perjuangan bantu-binantu bersama, amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagian semua.

Lebih lanjut Menteri menyampaikan seruan Presiden Joko Widodo pada pidatonya saat menghadiri sidang tahunan MPR RI tahun 2018 menganjurkan bekerja secara gotong royong.

Diakhir sambutannya, Menteri mengajak seluruh warga Indonesia agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan Harkitnas dengan memperbarui semangat gotong royong dan kolaborasi sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa bangsa Indonesia menuju kejayaan di pentas global.
(Join/ Tim)

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru