SUMUT

NASIONAL

Terkait Wacana penggantian Kepala Sekolah SMA/ SMK di Langkat, Dony Setha : Kinerja Para Kepala Sekolah Memang Harus Dievaluasi

Selasa, 18 Juni 2019 | 21.20 WIB
Kali Dibaca |

Wakil Ketua DPRD Langkat, Dony Setha, ST, SH, MH

Langkat, Metrokampung.com
Baru-baru ini, mencuat berita tentang keresahan para kepala sekolah SMA/ SMK di Kabupaten Langkat terkait dengan wacana penggantian kepala sekolah SMA/ SMK di sana. Wacana itu langsung beredar luas, karena kabarnya erap disampaikan oleh Kepala Cabang Dinas, Stabat, Robby Rezeki, MPd.

Apalagi, wacana itu kabarnya atas arahan dan petunjuk Wagubsu Musa Rajecksyah (Ijeck). Karena itu muncul tudingan bahwa wacana itu sengaja dihembuskan untuk menakut- nakuti para kepala sekolah.

Menanggapi kabar tersebut, Ketua Komisi A DPRD Sumut, Muhri Fauzi Hafiz ketika dimintai tanggapan dan komentarnya, Senin (3/6) yang lalu , mengatakan, mendukung sikap Wagub untuk segera memberhentikan Kepala Cabang Dinas Stabat yang telah mencatut namanya tersebut dalam persoalan tersebut. Berhenti yang dimaksud adalah dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Cabang Dinas Stabat Dinas Pendidikan Sumut, karena seharusnya proses mutasi adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja, bukan bagian dari politik "balas dendam" yang meresahkan para kepala sekolah.

“Ya, seharusnya dasar mutasi adalah prestasi. Jadi, jika benar kepala Cabang Dinas Stabat telah membuat resah para kepala sekolah SMA/ SMK di Kabupaten Langkat, maka sudah sepantasnya oknum tersebut dinonjob kan,” ujarnya.

Namun, menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Langkat dari Partai Gerindra, Dony Setha, ST, SH, MH menilai, Kepala Cabang Dinas Stabat, Robby Rezeki, MPd tidak 100 % salah, sebab para kepala sekolah memang perlu dievaluasi, karena tidak semua kepala sekolah menunjukkan kinerja dan prestasi yang baik.  Pernyataan itu disampaikan Dony kepada para wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (18/6).

“Kita kan sudah lama mengenal Robby.  Dia adalah sosok yang cerdas, enerjik dan berwibawa. Apalagi, melakukan pembinaan dan evaluasi terhadap kepala sekolah adalah bagian dari tugasnya sebagai Kepala Cabang Dinas. Hanya saja, tidak perlu sampai mencatut nama Gubernur atau Wakil Gubernur. Jadi, kalau benar seperti itu, ya patutlah kita sesalkan .  Seharusnya lakukan evaluasi dan pembinaan dengan cara- cara yang lebih elegan, santun dan bermartabat supaya tidak menimbulkan gelombang ‘yang negatif’ di lapangan,” ujarnya.

Karena itu, Donny pun menegaskan, Robby tidak perlu dicopot. Yang lebih penting adalah lakukan pembinaan dan evaluasi terhadap kepala sekolah dengan cara- cara yang lebih baik agar roda pendidikan bisa tetap berjalan dengan baik di Kabupaten Langkat.

“Ya, sebab yang perlu dievaluasi itu adalah kinerja para kepala sekolah.  Karena itu, para wartawan dan LSM, ayo turun ke sekolah- sekolah. Pantau itu sekolah- sekolah dan laporkan jika ada ditemukan penyimpangan, karena kepala  sekolah itu adalah ujung tombak pendidikan, sedangkan pendidikan itu sendiri adalah kunci bagi kemajuan bangsa.  Jadi, jangan dibolak- balik,kinerja Kepala Sekolahnya yang perlu dievaluasi, bukan kepala Cabang Dinasnya,” ujarnya.(BD/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru