SUMUT

NASIONAL

Bunda Paud Kabupaten Dairi Resmikan Paud Pertama Paroki

Selasa, 23 Juli 2019 | 13.10 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Bunda Paud Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu meresmikan Paud I (Pertama) Paroki, yaitu Paud Andreas Rasul Stasi Kaban Julu, Kecamatan Lae Parira Kabupaten Dairi pada Minggu (21/7/2019).

Peresmian Paud tersebut yang dilaksanakan di Gereja Katolik Beato Titus Brandsman Stasi Kaban Julu turut di hadiri oleh Rm. Yohanes Kartolo Malau. O.C arm. Vikep St. Andreas Rasul, para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Masyarakat Desa Kaban Julu dengan membawa para anak-anaknya yang akan mulai belajar nantinya di Paud Andreas Rasul Stasi Kaban Julu.

Dalam sambutannya, Bunda Paud Kabupaten Dairi menekankan pentingnya  pendidikan anak usia dini bagi anak di usia emas mereka yaitu 0-6 tahun. Anak-anak ini dikatakan Beliau belajar sambil bermain bersama teman-teman seusia dan guru tutor Paud. Dengan kegiatan ini diharapakan anak-anak dapat dipersiapkan secara mental maupun fisik untuk masuk pada jenjang pendidikan formil.



 “Memasukkan anak-anak ke Paud bukan berarti menyerahkan pengasuhan dan  pendidikan anak sepenuhnya kepada tutor Paud. Tanggung jawab tetap pada kedua orang tua sebab pendidikan awal ini selalu dimulai dari rumah,” ujar Beliau.

Dengan beraktifitas bersama dan diarahkan oleh tutor Paud Beliau utarakan tidak mustahil talenta anak bisa terlihat sejak dini, sehingga bisa dipupuk dan di kembangkan ke arah yg positif dan orang tua bersama guru bisa bekerjasama untuk hal ini.

Selanjutnya Bunda Paud juga berharap dan berjanji untuk lebih memperhatikan kesejahteraan guru dan peningkatan profesional guru lewat pelatihan-pelatihan yang akan dikakukan bersama dinas pendidikan Kabupaten Dairi. Tahun ini dan tahun depan diharapkan sudah  ada minimal 1 Paud di setiap desa.

Oleh karena itu terkait dgn hal tersebut Beliau katakan akan dicanangkan gerakan 1 desa 1 paud agar anak-anak di manapun berada layak  mendapatkan pendidikan sejak dini.

“Lebih baik anak-anak bermain dan belajar bersama teman-teman di Paud dari pada ikut dengan orang tua ke ladang,” ujar Beliau.

Pada kesempatan tersebut, Bunda Paud Kabupaten Dairi menyempatkan diri menyapa murid-murid baru Paud untuk.bersama-sama mengucapkan yel yel paud. Suasana tampak riang apalagi orang tua calon murid paud dengan antusias memperkenalkan anak masing-masing kepada Bunda Paud.

Sebelum acara persemian di langsungkan, terlebih dahulu diadakan kegiatan ibadah yangdi pimpin oleh Pastor Kartolo Malau dimana dalam kegiatan ibadah tersebut sebanyak 50 anak-anak Gereja Katolik Beato Titus Brandsman Stasi Kaban Julu menerima Komuni Pertama. Komuni Pertama adalah istilah untuk penerimaan komuni (roti dan anggur yang telah dikonsekrasi) pertama kalinya oleh seseorang yang telah dibaptis secara Katolik.

Menurut peraturan Gereja, Komuni Pertama untuk anak-anak hanya boleh diterima oleh anak-anak yang sudah dibaptis dan dipersiapkan untuk menyambut (menerima) komuni kudus.(bill/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru