Bupati DS Canangkan Bulan Bhakti Gotroy

Editor: metrokampung.com

Sibolangit, metrokampung.com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Deli Serdang, Selasa (30/7/2019) di Bumi Perkemahan (Bumper) Pramuka Kecamatan Sibolangit.

Acara yang berthemakan  “Dengan bulan bhakti gotong royong masyarakat dan hari kesatuan gerak PKK, kita tingkatkan partisipasi dan semangat gotong royong dalam mewujudkan masyarakat yang berintegrasi dan madiri dan Tingkatkan kinerja gerakan PKK selaras dengan program pemerintah” ini dihadiri Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari dan Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Dandim 0204 DS Letkol Inf. Syamsul Arifin, BNNK Deli Serdang AKBP Safwan Hayat mewakili Forkopimda, Sekdakab Darwin Zein S.Sos, KetuaDharmawanita Persatuan, para staf ahli, para OPD,Kakan Kemenag H Tholibun Pohan,anggota DPRD Deli Serdang, Camat se-Deli Serdang beserta Ketua PKK Kecamatan,Kades se-Deli Serdang beserta Ketua PKK Desa,Muspika Kecamatan Sibolangit, tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh masyarakat serta para kader-kader PKK se-Deli Serdang.





Pencanangan BBGRM dan HKG PKK ini dilakukan Bupati Ashari Tambunan ditandai dengan pemukulan Gong dan dilanjutkan dengan penyerahan alat-alat gotongroyong kepada 22 Kepala Dusun terbaik 2019, pemberian penghargaan kepada Kader PKK Desa yang telah mengabdi selama 10, 15 dan 20 Tahun, penyerahan 6 kunci bedah rumah yang telah selesai dibedah menjadi layak huni dan penyerahan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kita mengetahui bersama, bahwa nilai – nilai kegotongroyongan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa, perlu terus dilestarikan secara berdayaguna dan berhasil guna, untuk memperkuat integrasi sosial di tengah - tengah masyarakat melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Kendatipun kita menyadari sedalam dalamnya, bahwa hal ini tidaklah mudah untuk dilaksanakan, dikarenakan saat ini kita diperhadapkan pada kondisi dimana nilai nilai kegotongroyongan di sebagian tempat kecenderungannya menurun dikarenakan adanya anggapan bahwa pembangunan yang sedang dan akan kita laksanakan adalah merupakan tanggung jawab pemerintah semata, “ujar Bupati Ashari Tambunan”.

Pemikiran dan anggapan yang demikian ini, tentunya tidaklah boleh kita biarkan begitu saja, karena akan berdampak kepada penurunan semangat kebersamaan yang selama ini menjadi roh dan jiwa Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM) yang kita miliki. Oleh karena itu, momentum peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke- 16 yang kita laksanakan pada hari ini, harus dapat menjadi wahana untuk mengingatkan, menanamkan dan terus menggelorakan semangat gerakan Deli Serdang membangun yang kita miliki, agar apa yang menjadi harapan dan cita-cita kita bersama Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan,”harap Bupati.

Bersamaan dengan peringatan Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat ke-16, hari ini, kita juga memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke- 47. Ashari Tambunan juga mengucapkan selamat sekaligus mengucapkan terima kasih  kepada tim penggerak PKK beserta seluruh pengurus dan seluruh kader - kader PKK, atas kerja keras dan pengabdian yang telah diberikan selama ini membantu tugas - tugas pemerintah didalam pembangunan melalui program pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. Dan berharap, tim penggerak pkk pada semua tingkatan dapat terus mempertahankan keberhasilan – keberhasilan yang telah diraih selama ini dan bahkan kedepannya dapat ditingkatkan kembali.

Ketua TP PKK Deli Serdang Hj Yunita Ashari Tambunan membacakan pidato sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat Ny Erni Guntarti Tjahjo Kumolo diantaranya mengatakan melalui Tema HKG-PKK Tahun 2019 ini, saya mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada Kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya program-program PKK  agar tetap selaras dengan program-program pemerintah. Sesuai dengan Tema sentral HKG-PKK Ke- 47 yang difokuskan pada aspek peningkatan kinerja Gerakan PKK agar selaras dengan Program Pemerintah, maka perkenankanlah saya menyampaikan dua hal pokok kepada segenap jajaran Tim Penggerak PKK, para Kader PKK dan Kader Dasawisma, yaitu:  Tingkatkan terus fungsi kinerja Gerakan PKK dengan bakti dan karya nyata serta bekerja tanpa pamrih. Tingkatkan daya kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selaras dengan garis pemerintah,yang semua itu harus dicapai melalui kebijakan Program karsa, inisiatif dan ketekunan.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kadis PMD Kabupaten Deliserdang H Citra Efendi Capah dalam laporannya menjelaskan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah Kepedulian untuk meningkatkan dan peran акtif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan menuju penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil- hasil pembangunan.

“Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkatnya peran aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatnya kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam, pelaksanaan pembangunan, meningkatnya rasa memiliki dan rasa tanggungjawab masyarakat terhadap hasil – hasil pembangunan, ”papar Capah.

Dalam kesempatan ini juga,bupati bersama rombongan meresmikan balai pelatihan dan pertemuan di Dusun I Desa Bandar Baru dan peletakan batu pertama balai pertemuan Desa Rumah Pil-Pil Kecamatan  Sibolangit.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini