SUMUT

NASIONAL

Diduga Kepentingan Pilkades, Pj Kades Mangkai Baru Ganti Seluruh Kadus

Senin, 15 Juli 2019 | 19.08 WIB
Kali Dibaca |

Searah jam :Balai Desa Mangkai Baru, Sunaryo dan Sakim.

Batubara - Metrokampung.com
Suasana resah menggelajuti warga masyarakat Desa Mangkai Baru Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batubara. Pasalnya Pj Kades Mangkai Baru yang baru 2 bulan menjabat sebagai Pj Kades.

Informasi yang dihimpun wartawan, Senin (15/07) Pj. Kades Mangkai Baru Yuswardi sudah mengganti dan melantik 7 Kadus yang baru menggantikan Kadus lama.

Anehnya, 7 Kadus yang menjabat selama ini tidak diberitahu perihal penggantian mereka.

Kadus 5 Sunaryo (67) dan Kadus 1  Sakim (70) ketika dikonfirmasi tidak mengetahui persis penggantian mereka sebagai Kadus.

Namun Sakim mengaku hari ini ketika hendak mengurus keperluan warga ke Disdukcapil Batubara sempat kaget ketika pegawai Disdukcapil menanyakan legalitasnya.  "Bapak Kadus lama atau baru ?", ujar Sakim menerikan bahasa pegawai Disdukcapil.

Sementara Sunaryo mengaku semenjak Yuswardi menjabat sebagai Pj Kades bulan Ramadhan lalu selalu mengucapkan akan mengganti seluruh Kadus.

Memang penggantian Kadus diakui Sunaryo dan Sakim merupakan hak Kades. Tapi mereka menyesalkan karena penggantian mereka diduga melalui prosedur.

Bahkan salah seorang warga yang minta jatidirinya dirahasiakan menyesalkan kebijakan Pj. Kades yang dinilai kurang etis.

Apalagi Desa Mangkai Baru tahun ini juga akan menyelenggarakan Pilkades. Warga menduga pergantian Kadus secara mendadak terkait suksesi Pilkades nantinya.

" Mungkin ada pihak yang ingin berpartisipasi dalam Pilkades menganggap 7 Kadus yang ada merupakan orangnya mantan Kades Sugiyanti yang dikhabarkan akan ikut Pilkades. Jadi diduga untuk menghilangkan pengaruh mantan Kades tersebut para Kadus mendadak diganti", ujar warga lain menimpali.

Sementara Pj Kades Yuswardi ketika hendak dikonfirmasi di kantor Desa Mangkai Baru dikatakan telah pulang ke rumahnya di Dusun VI. Namun ketika hendak ditemui dirumahnya, seorang perempuan muncul dan mengatakan Bapak belum pulang. (ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru