SUMUT

NASIONAL

BUPATI LABUHANBATU, BUKA MTQ DAN FESTIVAL NASYID 2019 DESA PERBAUNGAN KEC.BILAH HULU KAB. LABUHANBATU

Sabtu, 31 Agustus 2019 | 12.19 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, metrokampung.com
Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T., resmikan pelaksanaan MTQ dan Festival Nasyid Tingkat Desa Perbaungan Kecamatan Bilah Hulu Tahun 2019 di area PTPN-III Aek Nabara Utara, Jum'at (30/8) malam.

Program dan arahan Bupati Labuhanbatu untuk melaksanakan perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) sebagai festival pemuliaan kitab suci umat Islam (Al-Quran) sekaligus sebagai upaya mencintai dan bentuk pengamalan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari di Kabupaten Labuhanbatu,  dilaksanakan secara berjenjang dari Tingkat Desa/Kelurahan, Tingkat Kecamatan dan Tingkat Kabupaten Labuhanbatu. Nantinya akan mampu secara optimal bersaing/bertanding (kompetensi) baik ditingkat Propinsi Sumatera Utara (antar Kabupaten) maupun mewakili Sumatera Utara di Tingkat Nasional (antar Propinsi).

Bupati Labuhanbatu,  memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kepala Desa Perbaungan Kecamatan Bilah Hulu, Nasib Susanto, seluruh panitia,  masyatakat Desa Perbaungan dan Camat Bilah Hulu dan Perangkat Kecamatan Bilah Hulu, yang dinilai telah sukses mempersiapkan rangkaian kegiatan MTQ & FESTIVAL NASYID 2019 TINGKAT DESA PERBAUNGAN, dan dihadiri ribuan masyarakat.

Bupati Labuhanbatu,  menyatakan keyakinannya bahwa didasari prestasi yang diraih Kecamatan Bilah Hulu sebagai Juara Umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-48 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu pada bulan Maret 2019 yang lalu di Kota Rantauprapat, pada Tahun 2020 yang akan datang Bilah Hulu sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-49 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke- 34 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu,  dapat melaksanakannya dengan baik dan profesional.

"Kenyataan acara malam ini, yang begitu meriah,  antusias dan penuh rasa kekeluargaan yang tinggi,  menggambarkan kepada saya,  bahwa MTQ dan FSQ Tahun 2020 di Kecamatan Bilah Hulu ini akan terlaksana dengan lebih ramai, terkelola dengan baik dan mampu melahirkan hafiz-hafiz Al-Qur'an (Penghafal Al-Qur'an) sebagai modal dasar dalam menjaga keselamatan hidup berbangsa dan bernegara serta kemuliaan suatu wilayah/daerah.

Dapat diinformasikan bahwa menghafal Al-quran adalah ibadah yang dilakukan dengan ikhlas karena Allah dan bukan untuk mengharapkan pujian di dunia. Bahkan salah satu ciri orang yang berilmu menurut standar Al-Quran , adalah mereka yang memiliki hafalan Al-Quran. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ
بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُون

Bal huwa āyātum bayyinātun fī ṣudụrillażīna ụtul-'ilm, wa mā yaj-ḥadu bi`āyātinā illaẓ-ẓālimụn.

“Bahkan, Al-Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata, yang ada di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu.” (QS. Al-Ankabut: 49).

Ada 8 (Delapan) Keutamaan bagi Penghafal Al-Qur'an,  yaitu :
Pertama, dia didahulukan untuk menjadi imam ketika shalat berjamaah.) Kedua,  ketika meninggal, dia didahulukan. Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma bercerita, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menggabungkan dua jenazah uhud dalam satu kain kafan. Setiap hendak memakamkan, beliau tanya, “Siapa yang paling banyak hafalan qurannya?” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memposisikan yang paling banyak hafalannya di posisi paling dekat dengan lahat. Lalu beliau bersabda, “Saya akan menjadi saksi bagi mereka kelak di hari kiamat. (HR. Bukhari 1343 & Turmudzi 1053).

Ketiga, diutamakan untuk menjadi pemimpin.
Keempat, kedudukan hafidz Alquran di surga, sesuai banyaknya ayat yang dia hafal.
Kelima, ditemani Malaikat. Keenam, di akhirat, akan diberi mahkota dan pakaian kemuliaan.
Ketujuh, Al-Quran memberi syafaat baginya.
Kedelapan, orang tuanya akan diberi mahkota cahaya kelak di akhirat.

Bupati Labuhanbatu,  diakhir sambutannya,  berpesan kepada Panitia Penyelenggara MTQ dan Festival Nasyid Desa Perbaungan Kecamatan Bilah Hulu,  untuk melaksanakan penilaian setiap lomba dengan jujur, adil dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga tidak ada muncul masalah-masalah yang tidak kita inginkan bersama dan sekali lagi,  saya ucapkan terimakasih kepada kita semua yang telah mendukung acara yang sangat mulia ini sehingga terlaksana dengan baik. (Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru