SUMUT

NASIONAL

BUPATI LABUHANBATU HADIRI UPACARA PENUTUPAN TMMD KE 105 KODIM 0209 LB

Jumat, 09 Agustus 2019 | 22.45 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, metrokampung.com
Pelaksanaan upacara penutupan TMMD Ke-105 kodim 0209 Labuhanbatu di Lapangan Bola Kaki Desa Cinta Makmur  Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu dihadiri langsung oleh Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Hasanuddin, S.I.P, M.M. sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Komandan Upacara Kasdim 0209/LB Mayor Infantri Ertiko Cholifa, S.H. S.Pd.

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam I/BB mengatakan bahwa Penutupan TMMD ini sekaligus menandai berakhirnya Program TMMD Ke-105 yang dilaksanakan secara serentak di 6 (Enam) Wilayah Kodim jajaran Kodam-I Bukit Barisan, yakni Kodim 0209/Labuhanbatu, Kodim 0212/Tapanuli Selatan, Kodim 0313/Kampar, Kodim 0321/Rohil, Kodim 0314/Agam dan Kodim 0317/Tanjung Balai Karimun.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang diprogramkan sebanyak 3 kali dalam Tahun 2019 ini, adalah merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat. Hal ini tentunya sejalan dengan tema pada pelaksanaan TMMD Ke-105 Tahun 2019, “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Dandim 0209 Labuhanbatu Letkol Infantri Santoso selaku Dansatgas TMMD Ke-105 Kodim 0209 Labuhanbatu di Desa Cinta Makmur  Kecamatan Panai Hulu, melaporkan kepada Inspektur Upacara Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Hasanuddin, S.I.P, M.M.

sebagai penanggungjawab keberhasilan TMMD bahwa seluruh Kegiatan Fisik dan Non Fisik tercapai 100 % sesuai dengan target dan sasaran dan selanjutnya diserahkan kepada Bupati Labuhanbatu  H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T, M.T. melalui penandatangan berita acara penyerahan antara Dandim 0209 Labuhanbatu dengan Bupati Labuhanbatu untuk selanjutnya menjadi milik dan tanggungjawab Pemerintah Daerah Labuhanbatu.

Hasil kegiatan Fisik kondisi 100% TMMD Kodim 0209 Labuhanbatu di Desa Cinta Makmur  Kecamatan Panai Hulu, yang diserahkan Dansatgas Letkol Infantri Santoso kepada Bupati Labuhanbatu, yaitu : Pembukaan badan jalan dari Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu menuju Desa Tanjung Haloban Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu meliputi Pembukaan badan jalan sepanjang 1.725 M X 8 M, Penimbunan badan jalan sepanjang 1.725 M X 5 M, Galian parit sebelah kanan/kiri badan jalan sepanjang 2.050 M, pembuatan jembatan Double Box sebanyak 1 (satu) buah ukuran 2 M x 2M x 7M dan pembuatan jembatan duiker sebanyak 2 buah dengan ukuran 1M x 1M x 7M, Pembuatan Tugu TMMD Ke-105 1(satu) Unit,  Pembangunan Rumah Tidak Layah Huni (RTLH)  sebanyak 5 (Lima)  Unit,  Pembuatan Pos Kamling 1(satu) Unit dan Rehab MCK Musholla Darul Muttaqin 1 (satu)  Unit.

Perawatan,  Pemeliharaan, Penggunaan dan Pengembangan Hasil Kegiatan TMMD Ke-105 Kodim 0209 Labuhanbatu setelah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menjadi tanggungjawab Bupati Labuhanbatu.

Kemudian,  Kegiatan Non Fisik dengan keberhasilan pelaksanaan 100%, meliputi : Penyuluhan Bela Negara, Wawasan kebangsaan, Pelayanan Kesehatan, Sosialisasi Pertanian, Sosialisasi Pendidikan, Sosialisasi Hukum dan Kamtibmas, Sosialisasi Anti Narkoba, Sosialisasi Keagamaan, Sosialisasi KB Kesehatan, Sosialisasi Perikanan, Sosialisasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kegiatan PKK, Kegiatan Pelayanan Publik dan Kependudukan, Sosialisasi Bahaya Teroris, dan Paham Radikalisme, dan Sosialisasi Mitigasi Bencana kepada masyarakat.

Kegiatan penutupan TMMD Ke-105 Kodim 0209 Labuhanbatu juga diwarnai dengan Bhakti Sosial TNI bekerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu dan Pihak Terkai,  antara lain Pengobatan Massal,  Sunat Massal,  Donor Darah,  KB Kesehatan,  Bazar dan Pasar Murah, Pembuatan SIM,  Pembuatan E-KTP,  Penanaman Pohon,  Peninjauan Lokasi TMMD, Ramah Tamah, Makan Siang Bersama dan Hiburan.

Pada acara konferensi pers,  Kasdam I Bukit Barisan mangatatan, "Kalau saya boleh menilai, hanya satu kata "Plt. Bupatinya hebat, luar biasa dan sangat bagus, ini adalah Plt. Bupati yang sangat mengerti dan memahami situasi daerah, kalau kami ini hanya perpanjangan tangan dalam hal membantu program pembangunan bersama-sama dengan komponen yang lain, “hebat..!, Plt. Bupatinya hebat dan energik”.

Kepala Daerah Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T, mengucapkan terimakasih yang setinggi tinginya atas keberhasilan dan pengabdian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105 di Desa Cinta Makmur Kec. Panai Tengah sehingga Pemkab Labuhanbatu dapat terbantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Desa Cinta Makmur.  Kerjasama yang baik dan penuh keakraban serta kebersamaan ini terus kita jalin sehingga setiap keberhasilan itu adalah keberhasilan bersama dan sama-sama bekerja.

Kepada Seluruh Pihak yang terkait dan Masyarakat Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu yang telah mendukung suksesnya Program Kerja TMMD ini,  diucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi.

Pesan dan Amanah Pangdam I Bukit Barisan melalui Kasdam I Bukit Barisan, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya yaitu memelihara dan merawat serta mengembangkan hasil Pembangunan TMMD Ke-105 ini dan TNI Manunggal Bersama Rakyat dan TNI Mitra Keria Pemerintah Daerah Labuhanbatu dalam Membangun Labuhanbatu yang semaki maju dan sejahtera. (Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru