SUMUT

NASIONAL

Dinas PPKB Labuhanbatu Unggulkan SMK Swasta Alwashliyah Sigambal Sebagai SSK Tingkat Provinsi Sumut

Senin, 26 Agustus 2019 | 10.51 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, metrokampung.com
Dinas Pengendali Penduduk dan Keluarg Berencana (DPPKB) Kabupaten Labuhanbatu, unggulkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Alwashliyah Sigambal, Kecamatan Rantau Selatan, menjadi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas PPKB Labuhanbatu, Lidiawaty Harahap SPsi MAP, dalam sambutannya saat menerima tim penilai SSK Provinsi Sumatera Utara, di SMK Alwashliyah Sigambal, Kemarin.

Diketahui, SSK adalah sekolah siaga berbasis ke Pramukaan, untuk mendorong kemitraan di bidang kependudukan dan keluarga berencana. SMK Swasta Harapan Al-Washliyah Sigambal, Kecamatan Rantau Selatan, ditetapkan sebagai SSk sejak 2 Juni 2017.

Katanya, program Sekolah Siaga Kependudukan di daerah ini berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk itulah kami berkomitmen, mendukung peningkatan kualitas hidup manusia, untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas.

Sementara, tim penilai SSK Provinsi Sumatera Utara, diketuai Marlina Ernawati SKM yang juga sebagai Kepala Seksi (Kasi) Pemetaan Kebijakan Pengendalian Penduduk pada Dinas PPKB Provinsi Sumatera Utara menilai dan berharap, sekolah SMK Swasta Harapan Al-Washliyah Sigambal Kecamatan Rantau Selatan, bisa menjadi sekolah “yang terbaik dari yang terbaik” di Sumatera Utara.

“Kalau saya pribadi atau tim melihat, ini peluang yang sangat tepat. Karena Kepala Dinas (Kadis) PPKB Labuhanbatu, bisa meramu begaimana pendekatan kependudukan melalui ke Pramukaan. Sekolah pun juga mendukung, Kepala Sekolah mendukung dan siswa-siswanya pun  saya lihat antusias. Jadi saya fikir  ini perlu dikembangkan, untuk sekolah-sekolah yang lain,” katanya.

“Saya berharap program ini tetap dipertahankan. Bukan hanya tahun ini saja. Tapi pada tahun-tahun akan datang, lebih dikembangkan lagi”, ucap Marlina Ernawati SKM.

Disebutkan, harapan kita ya memang generasi muda inilah jadi penerus bangsa. Yang dengan kesadaran kependudukannya, nanti bisa membantu kita dalam mengendalikan jumlah penduduk, khususnya di Kabupaten Labuhanbatu ini.

Dilain pihak, Kepala SMK Swasta Harapan Al-Washliyah Sigambal Drs. H. Ilham Rambe, M.Pd, didampingi Pembina Saka Kencana, Murjani Sitepu MPd, dalam kesempatan itu menjelaskan, sebagai Sekolah Siaga Kependudukan, program pembelajarannya tentunya mengarah kepada terbentuknya mental-mental generasi muda, yang siap melaksanakan keluarga berencana setelah mereka dewasa.

Dalam pertemuan tim penilai dengan pihak sekolah termasuk para siswa, pada pertemuan ini dilakukan tanya jawab dan peninjauan ke Pojok Kependudukan, di SMK Swasta Harapan Al-Washliyah Sigambal, akan menambah perbendaharaan data dan informasi dalam melakukan penilaian. (Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru