Peringatan dan Perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke- 74 di Kabupaten Langkat Semarak

Editor: metrokampung.com
Hormat Bendera : Ketua TP PKK Langkat, Ny. Tio Terbit Rencana tampak hadir dan ikut menghormati bendera merah- putih  saat upacara yang berlangsung khitmad.

Langkat- MetroKampung.Com
Bupati Langkat, Terbit Rencana PA bersama ribuan warga Langkat  merayakan HUT Kemerdekaan RI ke -74 dengan meriah dan khitmad, ditandai dengan menggelar Upacara Peringatan Detik- Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera merah- Putih di lapangan Alun- Alun, T. Amir Hamzah, Stabat, Sabtu (17/8) dan menggelar aneka ragam kegiatan lomba.  Bahkan, Upacara Peringatan Detik- Detik Proklamasi itu tidak hanya digelar di lapangan Alun- Alun T. Amir Hamzah, tapi juga digelar di sekolah- sekolah dan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat, dengan Inspektur Upacara Camat dari masing- masing Kecamatan.

Selain itu, aneka ragam kegiatan dan lomba juga digelar di seluruh kecamatan dan desa.  Sebut saja misalnya, lomba makan kerupuk, panjat pucang, tarik tambang, goyang balon, disco bola, sepakbola sarung, tenis meja, pukul bantal, trup gembira, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan lain- lain.

Sepakbola Daster : Kegembiraan ditunjukkan para pegawai Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman saat menggelar lomba sepakbola daster yang digelar di halaman kantor dinas tersebut.

 Nah, di Alun- Alun T. Amir Hamzah, Stabat, ribuan warga tumpah- ruah untuk menyaksikan aneka macam kegiatan yang digelar.  Memang sudah menjadi tradisi dan kearifan lokal bagi warga Langkat, saat menyambut peringatan dan perayaan HUT Kemerdekaan RI, mereka berbondong- bondong datang untuk menyaksikan rangkain kegiatan yang digelar.  Bahkan, bukan saja warga yang datang dari kota (Kecamatan) Stabat, tapi juga dari daerah- daerah (Kecamatan) yang lain, seperti dari Selesai, Kuala, Secanggang, Hinai dan Tanjung Pura.

Futsal Piala Camat Tanjung Pura : Tim futsal wartawan ikut berpartisifasi untuk memeriahkan Turnamen Futsal Hut kemerdekaan RI Ke- 74 memperebutkan Piala Canat Tanjung Pura dengan tampil di 2 pertandingan eksebisi, di lapangan Strhom Futsal.

Positifnya, tahun ini perayaannya malah terlihat lebih meriah dari tahun- tahun sebelumnya, sehingga membuat jalanan di seputaran Alun- Alun T. Amir Hamzah Stabat dan kompleks perkantoran Pemkab Langkat macat. Namun, walaupun begitu, mereka tampak tetap semangat.

Jadi, walaupun harus berdesak- desakan dan ‘disiram’ cuaca yang panas menyengat, tidak menyurutkan semangat mereka, untuk menyaksikan aneka macam kegiatan yang digelar  tersebut. Bupati Langkat, Terbit Rencana, PA pun tampak gagah saat tampil sebagai Inspektrur Upacara.

Apalagi, saat Bupati melepas para peserta parade karnaval, semua tampak histeris, karena diwarnai dengan atraksi dari dua ekor gajah yang berasal dari Tangkahan, yang bernama Yuni dan Ardana.

Kemeriahan itu pun semakin memuncak tatkala  Bupati menerima bendera merah putih dari seokor gajah yang ditunggangi Kepala Bank Sumut Cabang Stabat, Gama Cherry Al Halim, sebagai tanda dilepasnya karnaval.

Parede karnaval tersebut diikuti ratusan peserta dari  satuan personil TNI/Polri, PNS Pemkab Langkat, para pelajar dari tingkat TK/ PAUD/ RA, SD/ MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA  sampai mahasiswa, dengan tampilan  seragam warna- warni, seperti seragam sekolah, seragam pramuka, pakaian adat dan lain- lain.

Selain itu, aneka kendaraan hias dan pertunjukan  drum band juga ikut ambil bagian. Bupati pun mengaku sangat kagum dengan besarnya antusiasme warga tersebut. Apalagi, dua ekor gajah ikut diturunkan dari ekowisata Tangkahan.

“Gajah adalah salah satu ikon wisata kita.  Dari sini ada pesan moral yang mau disampaikan, yaitu mari kita lestarikan flora dan fauna kita agar tidak punah dan tetap lestari sepanjang masa,” ujarnya.

Sementara itu, pada upacara peringatan Detik- Detik Proklamasi, bertindak sebagai pembaca teks proklamasi adalah Ketua DRPD, Langkat Surialam, sebagai komandan upacara Kapten Inf Arhanuds Utoyo, Perwira Upacara, Danramil 07/Stabat dan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dikomandoi M. Zulham Harahap,  siswa dari SMA Negeri 1 Stabat dengan pembawa duplikat sang saka merah putih (baki) Rindi Andini, siswi dari SMA Sri Langkat Tanjung Pura.

Pada upacara tersebut,  Bupati berkesempatan untuk menyematkan pin penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 7 orang ASN Pemkab Langkat yang telah mengabdi dari kurun waktu 10, 20 sampai 30 tahun.

Sedangkan pada malam harinya,  Bupati dan Wakil Bupati Langkat melaksanakan upacara renungan suci,  dimana bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Langkat. Renungan suci ini termasuk salah satu dari rangkaian kegiatan menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI, yang dilaksanakan   di Taman Makam Pahlawan, Pangkalan Brandan.(BD/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini