SUMUT

NASIONAL

BUPATI LABUHANBATU TINJAU DESA GAPUK LIHAT HOLTIKULTURA WARGA

Jumat, 13 September 2019 | 11.15 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, metrokampung.com
Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T., didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe meninjau langsung Dusun Setiawan Desa Tebing Tinggi (Desa Gapuk)  Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu. Kamis (12/9).

Bupati Labuhanbatu dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu, diundang masyarakat Desa Bandar Tinggi guna melihat sekaligus menikmati hasil pertanian (Hortikultura), hasil peternakan dan perikanan milik kelompok masyarakat secara swakarsa, swadaya dan swasembada serta dilanjutkan kegiatan keagamaan dalam rangka Wirid Yasin Akbar Kecamatan Pangkatan yang dipusatkan di Desa Tebing Tinggi/Desa Gapuk Kecamatan Pangkatan.

Dalam tatap muka dengan kelompok tani yang ada di Desa Tebing Tinggi,  tercipta dialog dan tanya jawab secara langsung antara pelaku usaha pertanian dan peternakan dengan Bupati Labuhanbatu sehingga menjadikan suasana semakin hangat dan termotivasi.

Motivator sekaligus pelaku usaha pertanian dan peternakan Desa Tebing Tinggi, Abdul Halim Hasibuan disaksikan Camat Pangkatan Chairuddin Nasution,.S.Sos, secara langsung mengajak Bupati Labuhanbatu melihat dan memanen kolam budidaya ikan gurami,  memanen telur bebek, mencermati pengolahan pakan ternak, pengolahan pupuk organik dan mendengarkan pemaparan Abdul Hakim terkait potensi pertanian itu dalam membangkitkan ekonomi kerakyatan sembari mengutip butiran-butiran telur bebek yang dihasilkan bebek-bebek petelur milik warga.

Secara tegas, Bupati Labuhanbatu menyimpulkan bahwa bumi ika bina en pabolo ini adalah subur dan jika dikelola tepat dengan ahlinya akan membawa hasil yang luar biasa. Potensi Sumber Daya Manusia juga ternyata tersedia (banyak ahli). Oleh karena itu,  kita programkan Bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan kita mulai saat ini harus bangkit dan mampu menjadi andalan pendapatan masyarakat dan daerah.

"Kita tidak boleh tebelenggu dengan sektor Perkebunan Sawit dan Karet saja,  tetapi harus berani berinovasi ke Bidang Pertanian Hortikultura, Perikanan dan Peternakan".

Para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Pertanian,  Dinas Peternakan,  Dinas Perikanan dan Kelautan,  Dinas Pangan, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang)  serta Para Penyuluh Pertanian harus bersinergi dan secara bersama-sama dengan kelompok-kelompok tani melakukan inovasi dibidang pertanian ini.

"Selaku Kepala Daerah,  saya sangat berterimakasih sekali kepada warga Desa Tebing Tinggi Kecamatan Pangkatan ini,  yang telah memperlihatkan langsung hasil usaha ekonomi kerakyatan ini dan saya semakin mengetahui keadaan dan keinginan masyarakat".(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru