SUMUT

NASIONAL

Kondisi Jalan di Desa Sibaganding Taput Cukup Memprihatinkan

Selasa, 03 September 2019 | 13.13 WIB
Kali Dibaca |


Pahae Julu Taput, metrokampung.com
Awak media penasaran setelah sebuah status di grup Facebook MTU New yang pemilik akunnya Malwin Sitompul plus Pendiri Grup tersebut memposting tentang Sibaganding Desa percontohan yang kondisi jalanya cukup memprihatinkan.

Awak media beserta 2 Pemerhati Lingkungan yg berasal dari Tapanuli Utara namun bermukim di Tobasa, Jekson Lumban Tobing (Jejetobing Somuntul) nama akun Facebooknya dan Sahala Irfan Saragi mengawali Perjalanan masuk dari Jembatan Belly penghubung ke desa Sigompulon lalu belok kanan.

Perjalanan langsung disambut lobang dan becek di sepanjang jalur. 100 meter perjalanan disambut oleh semak belukar yang hampir menutupi jalan.



Saudara Jekson Lumban Tobing mulai ragu dan gelisah untuk melanjutkan perjalanan sembari berujar "ini bukan jalan lae, kita berhenti disini saja kita lanjutkan berjalan kaki" Awak media yang mengemudikan kendaraan menjawab dengan tenang " tenang lae, jalur seperti ini sudah sering saya lalui di luar Pahae ini, saya tidak kaget lagi dengan kondisi jalan seperti ini Lae" jawab sipengemudi yang memang bermukim di luat Pahae.

Di tengah perjalanan kami berhenti karena setengah badan Jalan sebelah Aek Godang (Sungai Batang Toru ) hanyut terkikis oleh derasnya arus sungai.

 "Saya yakin 2 kali lagi sungai Batang Toru ini meluap maka jalan ini akan putus terkikis deras arus," kata Jekson.

Yang ditimpali oleh Sahala Saragi dengan mengangguk prihatin menyaksikan derasnya benturan arus menghantam dinding jalan.
Sepanjang perjalanan yang kami lalui hancur berantakan tak terurus seperti jalan yang yang tidak digunakan puluhan tahun.

Batu besar dan lobang menganga siap menyambut roda hingga sampai kampung pengacara kondang yang terkenal di Indonesia. Pengemudi skill tinggilah yang bisa selamat melalui jalur tersebut.

Jalur tersebut dulunya akses utama penghubung desa Sibaganding ke Sigompulon dan Onan Hasang sebelum kehadiran proyek raksasa SOL ( Sarulla operation Ltd ) yang membuka jalan baru yang sekarang digunakan oleh masyarakat setempat.(jumfri/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru