SUMUT

NASIONAL

Padi Varietas Unggul Inpari 32 Panen Perdana di Batu Bara

Kamis, 12 September 2019 | 21.48 WIB
Kali Dibaca |


Batu Bara-Metrokampung. com
Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP bersama unsur Forkopimda melaksanakan panen perdana padi varietas unggul Inpari 32 di Desa Sei Muka Kecamatan Tanah Datar Kabupaten Batu Bara, Kamis (12/09).

Penggunaan varietas unggul Inpari 32 yang pendanaannya ditanggung APBN dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas padi sawah di Kabupaten Batu Bara.

Menurut data BPS Batu Bara, produktivitas padi sawah di Batu Bara baru sebesar 6-6,5 ton perhektare.

Dikatakan Bupati angka produktivitas tersebut belum maksimal karena itu kedepan harus lebih ditingkatkan lagi.

Peningkatan produktivitas dapat dicapai melalui penggunaan bibit varietas unggul seperti Inpari 32.


Selain itu yang menjadi permasalahan teknis adalah masalah pengairan. Bupati minta Dinas Pertanian mendata jumlah saluran irigasi yang masih berfungsi, rusak atau lahan yang belum tersentuh irigasi.

Setelah diketahui data pasti irigasi di Batu Bara Pemkab Batu Bara akan mengusulkan pembangunan atau rehabilitasi irigasi baik melalui APBD Batu Bara, Provinsi maupun APBN.

Selain benih dan irigasi, poin penting yang harus diperhatikan adalah penyuluh pertanian. Diharapkan Bupati peningkatan kinerja penyuluh pertanian sebagai ujung tombak peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku petani.

Penyuluh pertanian diharapkan dapat meyakinkan petani untuk menerima tekhnologi maupun inovasi guna peningkatan produktivitas padi sawah di Kabupaten Batu Bara.

Dengan peningkatan 3 poin diatas Bupati berharap Indeks Penanaman (IP) menjadi tiga yakni 1 tahun bisa 3 kali tanam.

Sebelumnya Plt. Kadis Pertanian Iwa Kuswara, SP. melaporkan lahan sawah di Kabupaten Batu Bara seluas 16.512,4 ha dengan rincian sawah irigasi seluas 14.642,6 ha dan non irigasi seluas 1.869,8 ha.

Sedangkan capaian produksi padi sawah lebih kurang 6,9 ton perhektare. (ea.ps/mk) 
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru