SUMUT

NASIONAL

PEMKAB SAMOSIR BEKERJA SAMA DENGAN PT NIAGA GLOBAL MODREN KEMBANGKAN PERTANIAN DI KECAMATAN HARIAN

Minggu, 01 September 2019 | 22.41 WIB
Kali Dibaca |


Sumut, metrokampung.com
Pemkab Samosir Bekerja sama dengan Pihak PT Niaga Global Modern mengadakan pola kerjasama dengan sistem swakelola pertanaman bawang putih dengan para petani di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. 

Selain PT Wings, kini PT Niaga Global Modern juga menjalin kerjasama dengan sistem swakelola pertanaman bawang putih dengan para petani di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

Petani menyiapkan lahan dan Pihak investor menyediakan bibit unggul bawang putih untuk areal pertanaman seluas 12 hektare,Hal ini disampaikan Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada media melalui pesan WA-(WhatsApp), Sabtu (31/8/2019).


Ditambahkanya,selain menyiapkan bibit unggul, pihak perusahaan juga menyiapkan dana operasional mulai dari menanam, perawatan sampai panen. Setelah itu hasil panen akan dibeli oleh investor dengan harga pasar yang berlaku pada saat itu.

“Kewajiban petani hanya menyiapkan lahan dan tenaga kerja untuk mengolah lahan,” terang Bupati.

Saat ini, kata dia, lahan yang tersedia dan siap tanam masih tiga hektare dari rencana tanam 12 hektare. Bahkan jika petani siap, PT Global, menurut Rapidin, bersedia untuk berinvestasi pada lahan seluas 50 hektare.

“Semoga kerjasama ini sukses dan pertanaman tumbuh dengan baik dan hasilnya tentu untuk warga Desa Hariara Pintu secara khusus dan warga Samosir secara umum,"We Love Samosir,” kata Rapidin.(Join)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru