SUMUT

NASIONAL

PHBI dan Pemkab Labuhanbatu Gelar Tabliqh Akbar Tahun Baru Islam, Pelepasan 6 Mahasiswa ke Kairo

Minggu, 01 September 2019 | 16.44 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, metrokampung.com
Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi dan Dalimunthe ST, MT lepas 6 mahasiswa penerima beasiswa S1 ke Universitas Al-Azhar Mesir dan Yaman. Kegiatan tersebut sekaligus dirangkai dengan acara tabligh akbar dalam rangka memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1441 H yang diawali dengan sholat Isya' berjama'ah di Simpang 6 Rantauprapat, Sabtu malam (31/8/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Labuhanbatu, berkerjasama dengan PHBI dan didukung Ormas serta Komunitas Islam tersebut bertemakan "Bersatu membangun Labuhanbatu Penuh Berkah", acara tabligh akbar itu juga tampak dihadiri ratusan masyarakat Labuhanbatu.

Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT pada sambutannya mengatakan, saat ini pihaknya membuat sedikit perbedaan di Kabupaten Labuhanbatu, yakni dengan menyambut tahun baru islam 1 Muharram 1441 Hijriyah dengan meriah. Beliau berharap, Labuhanbatu kedepan semakin baik dan lebih bermartabat serta Kabupaten yang dilindungi Allah SWT.


"Alhamdulillah, malam ini kita telah memberikan beasiswa kepada 5 calon mahasiswa ke Al-Azhar Mesir dan 1 orang ke Yaman, insyaallah program beasiswa ini akan terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang, kami dari Pemkab akan terus berbuat yang terbaik, mereka adalah ulama-ulama yang akan mengabdi di Labuhanbatu di masa depan," tutur Andi Suhaimi.

Selanjutnya, Kepala Kantor Kementrian Agama Drs. Safiruddin MPd selaku Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) menjelaskan, rangkaian kegiatan peringatan tahun baru islam 1 Muharram 1441 Hijriyah, diawali dengan pawai ta'aruf yang diikuti 5.000 peserta dan dilanjutkan dengan tabligh akbar.

"Kirim salam pak Menteri Agama kepada pak Plt Bupati, sebab, Labuhanbatu merupakan salah satu peraih penghargaan Kepala Daerah berprestasi dalam mendukung moderasi beragama dan penguatan fungsi penyuluh agama, terimakasih kami ucapkan kepada seluruh unsur Forkopimda yang telah mendukung segala kegiatan agama yang dilaksanakan di Labuhanbatu," ujar Safiruddin.

Kemudian, Ketua Al-Azhar Center Ustad H. Rendy Fitra Yana menyampaikan, ada 15 calon mahasiswa yang mengikuti seleksi di UIN Sumut, tetapi hanya 5 orang yang lulus ke Al-Azhar Mesir, dan 1 orang ke  Yaman dengan biaya dari Baznas. Kabupaten Labuhanbatu merupakan satu-satunya Kabupaten di Sumatera Utara yang memberikan beasiswa ke Al-Azhar Mesir.

"Alhamdulillah untuk tahun 2019 Pemkab memberikan beasiswa kepada 5 pelajar berprestasi ke Al-Azhar Mesir dan dan 1 orang ke Yaman, mudah-mudahan dengan adanya program tersebut, menjadi sebuah harapan kita bersama kedepan, semoga semakin banyak regenerasi ulama di Kabupaten Labuhanbatu," ungkap Ustad Rendy.

Kegiatan tersebut ditutup dengan tausyah agama yang disampaikan Al Habib Haykal Alaydrus dan Ustad Abdul Muhadir Ritonga MPd. Pada kesempatan itu pula, Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT dan Baznas Labuhanbatu juga menyerahkan bantuan kepada 5 Mahasiswa Al-Azhar Mesir yang berangkat di Tahun 2015 dan 2016 namun pada saat itu belum ada program beasiswa.

Adapun 6 calon mahasiswa penerima beasiswa ke Al-Azhar Mesir dan Yaman yang menerima bantuan dari Pemkab Labuhanbatu masing-masing sebesar Rp. 6.000.000,-, kemudian bantuan pendidikan dari Baznas Labuhanbatu masing-masing menerima Rp.2.500.000,- dan bantuan pendidikan dari pribadi H Andi Suhaimi Dalimunthe untuk 10 orang Mahasiswa Labuhanbatu di Al-Azhar Mesir masing-masing menerima Rp. 2.000.000,-.(0en/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru