SUMUT

NASIONAL

Warga Desa Manggis Bangga Mewakil Kabupaten Sergai Lomba KB Tingkat Provisi

Kamis, 05 September 2019 | 06.51 WIB
Kali Dibaca |

Tim Penilai KB Provinsi dan TP-PKK Serbajadi dan TP - PKK Desa Manggis.
Sergai, metrokampung.com
Dihunjuknya Desa Manggis Kecamatan Serbajadi  mewakili Kabupaten Serdang Bedagai dalam rangka penilaian Kampung Keluarga Berencana (KB) ditingkat Provinsi Sumatera Utara, merupakan kebanggaan bagi warga di sana.

Penjelasan itu disampaikan Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumut H. Zulkifli Barus di Perbaungan Rabu (4/9) ketika menanggapi kepercayaan yang diberikan kepada Desa Manggis.

"Prestasi itu patut disyukuri sekaligus dapat dijadikan motivasi bagi segenap warga agar dapat  berkiprah lebih memajukan lagi  Desa Manggis pada bidang-bidang lainnya,"ujar Zul Barus - begitu Zulkifli biasa disapa kepada jurnalis.

Perangkat Desa, lanjut mantan anggota DPRD Deliserdang itu,  agar  menjadikan penilaian ini  momentum untuk dapat  mewujutkan kebersamaan diantara masyarakat Manggis.
"Dan pada gilirannya bukan  hanya meningkatkan kualitas Keluarga Berencana semata, akan tetapi juga mampu menggali potensi-potensi yang ada didesa, "papar Zul Barus.

Barus juga menyebutkan, keberhasilan Desa Manggis tampil sebagai mewakili Kabupaten  Serdang Bedagai tentu tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan Camat Serbajadi Drs Zulkan Wahyudi.

Penilaian tingkat Provinsi  berlangsung Senin (26/8/2019) di halaman Kantor Desa Manggis Kecamatan Serbajadi. Sedangkan tim penilai terdiri dar Ny. Arna dan Ny. Ratna bersama rombongan dari Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB) Provinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya Ketua Pusat Informasi konsling dan Remaja (PLK-R) Mukti Ali memaparkan tentang keadaan dan situasi kampung KB sehingga dapat mewakili Kabupaten untuk dinilai ditingkat provinsi..

Setelah mendengarkan ekpos yang dipaparkan oleh Mukti Ali,  tim penilai Provinsi Ny. Arna menjelaskan bahwa penilaian terdiri  dari dokumen, Interpensi SKPD sudah cukup bagus.
"Terpenting Rumah Data sudah banyak. Tampak SKPD yang interpensi terhadap Kampung KB Desa Manggis ini," ungkapnya.

Kami mengharapkan  Desa Manggis ini yang terbaik, Namun kalaupun ada yang lebih baik, Desa Manggis jangan berkecil hati, bahkan agar termotifasi supaya dapat yang terbaik di tahun depan.

Acara dilanjudkan dengan peninjauan rumah data serta melihat pembangunan Balai Desa yang pengerjaannya sedang berjalan.

Terpisah Kepala Puskesmas Kecamatan Serbajadi dr Evraim  Hutagalung  menjelaskan, kegiatan ini merupakan kerja sama dengan bapak kepala desa, ketua TP PKK  desa dengan  para kader.
Bagaimana membuat masyarakat menjadi sehat, menggalakkan pos yandu secara rutin. Menjadikan masyarakat dapat menggunakan Tanaman Toga (tanaman obat keluarga) untuk menjaga kesehatan.

Ada interpensi SKPD yang belum masuk, namun sudah diajukan dan tinggal menunggu realiisasi anggaran. Seperti pembuatan perpustakaan," jelas Evraim. Kepala Desa Manggis. Sofiyan Siregar didampingi TP-PKK , Desa Manggis Ny. Rosida Sofiyan menyucapkan terima kasih kepada semua unsur yang telah terlibat pada kegiatan ini.

Terutama kepada Tim Penilai Provinsi, Ketua TP PKK Kecamatan Ny Sulaseh Zulkan, Kampus Serbajadi. Para kader dan seluruh perangkat desa yang telah mendukung kegiatan ini.

"Semoga berkat kerja sama kita, desa manggis dapat menjadi yang terbaik sebagai kampung KB Tingkat Provinsi sumatera utara," pungkasnya.

Turut hadir Ketua TP-PKK Kecamatan Serba jadi, ny sulaseh zulkan. Kampus kecamatan Serbajadi Ny. Sulaseh Zulkan.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru