SUMUT

NASIONAL

Beredar Surat dari UGG Soal Geopark Kaldera Toba

Jumat, 04 Oktober 2019 | 23.49 WIB
Kali Dibaca |

General Manager Geopark Kaldera Toba Sumatera Utara, DR. Hj. Hidayati
Medan, metrokampung.com
General Manager (GM) Badan Pengelola  Geopark Kaldera Toba (BPGKT) Hidayati, memastikan, Geopark Kaldera Toba (GKT) telah diterima dalam keanggotaan Unesco Global Geopark (UGG). Hal itu dikatakannya, menyusul adanya surat dari UGG yang beredar di media sosial, dalam dua hari ini.

"Surat itu penegasan bahwa GKT memang sah diterima," kata Hidayati saat dikonfrimasi Jumat (4/10). Hidayati menambahkan, setelah GKT diterima menjadi anggota UGG, saatnya semua pihak menjaga kelestarian Kawasan Danau Toba, sehingga status keanggotannya itu dapat dipertahankan.

Hal sama juga disampaikan Wakil GM BPGKT, Gagarin Sembiring. Dikatakannya, surat itu menjelaskan GKT diterima per 2018.
"Tidak ada kata dipending atau ditangguhkan lagi. Artinya, GKT memang sudah diterima," kata Gagarin.

Di surat dengan kop surat UGG itu dirinci sejumlah kawasan dari berbagai negara yang telah diterima sebagai anggota UGG. Termasuk kategori yang mendapat kartu hijau dan 10 aplikasi (pengusulan) baru yang diterima. Dalam surat itu ada 37 yang memperoleh kartu hijau. Termasuk Gunung Sewu dari Indonesia.

Selain itu,  juga disebutkan, bahwa yang mendapat kartu hijau dapat perpanjangan selama 4 tahun. GKT sendiri tidak masuk dalam kategori itu. Namun tertulis bahwa Toba Caldera diterima per 2018.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru