SUMUT

NASIONAL

Pembukaan Pesta Budaya Njuah-Njuah Dairi 2019 Berlangsung Meriah

Selasa, 01 Oktober 2019 | 06.59 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, Metrokampung.com
Acara promosi pariwisata Kabupaten Dairi, Pesta Njuah-Njuah, resmi dibuka di lapangan stadion panji, Senin (30/9/2019) sore, berlangsung semarak dan meriah.

Ribuan orang mengikuti menyaksilan seni budaya menampilkan kekayaan alam dan pertanian dari masing-masing kecamatan, serta penampilan seni kontemporer dari para pekerja seni.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sabrina mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ketika membuka pesta budaya tersebut menyampaikan dalam sambutannya pesan Gubernur, agar para seniman dan budayawan menjaga generasi muda untuk melestarikan adat budaya Pakpak.

Menurutnya, kekayaan beragam budaya yang tercermin dalam wujud nilai seni budaya, kesenian yang tersebar luas perlu ditingkatkan. Karena itu para seniman dan budayawan perlu meningkatkan keterpaduan langkah guna membina jati diri dan karakter bangsa. Serta mendorong peningkatan apresiasi masyarakat terhadap karya budaya secara berkelanjutan,” jelasnya.





Pembukaan resmi ditandai pemukulan gong, pelepasan balon ke udara dan penghormatan secara adat kepada Sekdaprov Sumut Sabrina sebagai tamu kehormatan. Sekdaprov juga menyempatkan mengunjungi pameran UKM sebelum beranjak.

Bupati Dairi DR.Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan apresiasi atas kehadiran para undangan dan tamu kehormatan.  Sehingga kegiatan tersebut berlangsung semarak dan penuh persaudaraan. Terlebih kehadiran Gubernur Sumut diwakili Sekdaprov Sumut Sabrina, dirasa menambah semangat dan kehangatan pesta budaya.

“Meskipun sempat hujan, tetapi terlihat dari kirab budaya, dari beragam budaya, tetap semangat melaksanakan kegiatan. Selamat menikmati suasana Tanoh Pakpak Kekelengen,” ujar Eddy dalam sambutannya.

Acara pesta budaya sendiri katanya, berlangsung selama empat hari mulai 30 September hingga 3 Oktober 2019. Dirangkai dengan hari jadi Kabupaten Dairi 1 Oktober 2019.

“Kami akan terus berupaya memperkenalkan seni budaya Pakpak di daerah lain melalui berbagai media dan event promosi.  Kita ingin bagaimana orang lain senang dan merasa rindu kepada Dairi,” jelasnya.

Mengakhiri sambutan, Bupati berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan penggalian dan pengembangan budaya Pakpak. Melestarikan situs benda cagar budaya. Sebab menurutnya, Dairi perlu menuturkan sejarah budaya kepada dunia, begitu juga dengan kekayaan alam yang ada, tutpnya.(bill/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru