SUMUT

NASIONAL

Walikota Tanjungbalai Pantau Pembangunan Gardu Induk

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 14.09 WIB
Kali Dibaca |

Walikota Tanjungbalai Muhammad Syahrial saat melakukan peninjauan dilokasi Gardu Induk.

Tj Balai, metrokampung.com
Guna meningkatkan kebutuhan pasokan energi listrik. PT. PLN Unit Induk  Pembangunan (UIP) Sumatra Bagian Utara (Sumbagut ) melaksanakan pembangunan Gardu Induk (GI) di Kota Tanjungbalai.

Walikota Tanjungbalai Muhammad Syahrial disela _ sela kunjungannya saat melakukan pemantauan terhadap jalannya pembangunan proyek tersebut, Kamis (10/10/2019) mengatakan bahwanya proyek tersebut merupakan proyek starategis Pemko Tanjungbalai.

" Saat ini pasokan listrik diwilayah Tanjungbalai belum maksimal, masih sering didapati pemadaman listrik secara bergilir. Dengan adanya pembangunan Gardu Induk (GI) ini semoga nantinya 31 Kelurahan yang ada di Kota Tanjungbalai akan terang benderang,"katanya.

Pembangunan Gardu Induk (GI) yang berlokasi di Kelurahan Pantai Johor, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai itu, dikatakan Muhammad Syahrial lagi, sejalan dengan pembangunan sebanyak 53 titik tiang tower.

" Pembangunan Gardu Induk (GI) ini nantinya berfungsi mengubah tegangan,menaikkan atau menurunkan penyaluran daya yang didistribusikan ke pelanggan.

Selain meningkatkan kehandalan jaringan kontinuitas pasokan listrik, percepatan penanganan gangguan yang menyebabkan pemadaman listrik serta menekan susut (losses) energy pada jaringan (internal PLN). Sedangkan manfaatnya  untuk mengubah tegangan dan  berfungsi untuk menjaga keandalan sistem kelistrikan,"ungkapnya.

Sedangkan untuk rampungnya proyek itu dikerjakan, kata Muhammad Syahrial , pada akhir tahun 2019 mendatang.

"Pembangunan Gardu Induk (GI) dan tiang tower ini merupakan komitmen Pemko Tanjungbalai bersama PLN dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Saya optimis dan yakin Gardu Induk dapat difungsikan segera, karena ini akan berdampak bagi pasokan listrik bagi rumah tangga maupun industri yang ada di Kota Tanjungbalai,"sebutnya.

Diketahui, Gardu Induk (GI) yang dibangun oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini merupakan Gardu Induk (GI) 1×60 Mva dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV dari GI Kisaran sebanyak 53 Titik Tower Transmisi, yang terhubung (normal) dengan sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara (SBU). (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru