SUMUT

NASIONAL

Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP Pimpin Upacara Hari Pahlawan 2019, 'Aku Pahlawan Masa Kini'

Minggu, 10 November 2019 | 23.12 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Batubara Ir.H.Zahir, MAP saat membacakan kata sambutan Kemnsos RI.


Batu Bara, Metrokampung.com

Peringatan Hari Pahlawan Ke 74 dipimpin oleh Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP bertempat di lapangan bola kaki Kelurahan Limapuluh Kecamatan Limapuluh Kota Kabupaten Batu Bara, Minggu (10/11).

Bupati Batu Bara Ir.Zahir, MAP membacakan sambutam tertulis Mentri Sosial Repulik Indonesia mengatakan dengan peringatan hari pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salahseorang The Founding Fathers kita, Bung Karno, yang menyatakan ‘bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya’.
Peringatan Hari Pahlawan kali ini mengusung tema ‘Aku Pahlawan Masa Kini’.




Peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat memicu semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.

“Dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa. Namun sekarang, untuk menjadi pahlawan juga bisa dilakukan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan”, kata Mensos.

Dia berharap, dengan peringatan Hari Pahlawan kita dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai tanah air, dan menjaganya sampai akhir hayat.

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata, menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa ini”, tandasnya.

Selaku inspektur upacara, Zahir sebelumnya menyampaikan, Pemkab Batubara akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak pada 14 November mendatang. Pilkades tersebut dilaksanakan di 109 desa pada 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Batubara, dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 374 orang.

Terkait hal tersebut, kata Zahir, dalam peringatan Hari Pahlawan itu juga akan dilakukan ‘deklarasi pilkades damai’, dipimpin langsung Kapolres Batubara, AKBP Robin Simatupang.

Kapolres Batubara, AKBP Robin Simatupang, SH. Mhum saat memimpin deklarasi pilkades damai menyampaikan tahun 2020 laporan anggaran dana desa akan dilakukan melalui website tersendiri, agar mudah terpantau. kepada para calon kepala desa dan timses-nya untuk bisa mendukung siapa pun calon yang terpilih nantinya.

“Dan saya mengimbau kepada seluruh calon untuk mematuhi aturan yang sudah ditentukan, agar keamanan dapat terjaga”, kata Robin.

Dia juga berharap dalam pilkades ini agar tidak ada berita hoaks, fitnah, dan isu SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Bagi calon yang gagal agar bisa menerima hasil pilkades dengan legowo”, ujarnya.

Usai deklarasi, Bupati Batubara menyerahkan 7 unit sepeda motor kepada petugas tenaga kesejahteraan sosial guna untuk meningkatkan kesejahteraan sosial di masyarakat Batubara. Bantuan tersebut diberikan kepada 7 kecamatan, yakni Kecamatan Lima Puluh, Tanjung Tiram, Talawi, Sei suka, Sei balai, Medang deras, dan Air Putih.

Selain itu Bupati juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga lanjut usia dan penyandang cacat,  menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta tapak tilas dalam rangka hari pahlawan.

Tutut hadir wakapolres Kompol Herwamsyah Putra.SH.Msi,Kasat Dandim 0208 Asahan yang di wakilkan oleh Mayor Inf TM Panjaitan,Danyon 126 KC Letkol Inf Junaidi, Danlanal yang di wakili Kapten Ediyanto,Intel,Sekda Sakti Alam Siregar,para pimpinan SKPD, Kemenag, tokoh masyarakat,tokoh agama dan tokoh pemuda serta OKP, Siswa siswi SMP dan SMK. (Mk/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru