SUMUT

NASIONAL

Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Gelar Peringatan Maulid Nabi, Ilyas : Mari Pahami Sejarah Perjuangan Nabi

Selasa, 26 November 2019 | 20.51 WIB
Kali Dibaca |

Plt Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus saat menyampaikan kata sambutan pada acara Maulid Nabi.

Batu Bara, Metrokampung.com
Dinas pendidikan gelar acara Peringatan Maulid Nabi, bertempat di ruangan Aula Kantor Dinas Pendidikan jalan Perupuk Desa Perupuk kecamatan Limapuluh Pesisir Kabupaten Batu Bara, Selasa (26/11/19).

Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP dalam sambutannya yang di bacakan oleh Plt Ilyas Sitorus Kadisdik Kabupaten Batu Bara mengatakan Nabi Muhammad SAW dalam menciptakan perubahan sangat luar biasa, dengan penuh kedamaian, dengan hati dengan ahlakul karimah, santun dan karena itulah Muhammad berhasil mengubah masyarakat Jahiliyah menjadi masyarakat khairul ummah yang terbaik yang disebut dalam al quran, umat terbaik yang lahir untuk manusia, itulah Muhammad SAW.

Menurut Ilyas, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M ini mengangkat tema “Momen meningkatkan kasih sayang, mengutamakan kebenaran, menjunjung tinggi toleransi dalam upaya membentuk insan Batu Bara yang cerdas, berkarakter dan berbudaya,” Ilyas mengatakan, sejarah kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW adalah salah satu peristiwa penting masa kenabian yang diperingati secara luas umat Islam, mulai dari gang, lorong, desa, kecamatan, kabupaten sampai ke istana Negara Indonesia diperingati termasuk hari ini ditanah yang bertuah Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara.




Masih menurut Ilyas, ‘’Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW mempunyai makna yang mendalam bagi kehidupan umat Muslim, karena bulan ini sangat luar biasa khususnya dan umat manusia pada umumnya,” ujar Ilyas. Plt kadisdik Batu Bara, Ilyas, Al ustaz Samin Pane dan dihadiri oleh guru dan kepala sekolah di Batu Bara.

Dikatakannya, bahwa bulan Rabiul awal adalah bulan yang sangat bersejarah dalam kehidupan manusia, karena telah lahir sorang pemimpin ummat manusia yang merupakan rahmad bagi sekalian alam semesta. Melalui Nabi Muhammad SAW, Allah menunjukkan manusia menuju alam yang penuh dengan cahaya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, tambah ncekli safaan akrab Ilyas.

Oleh karenanya bulan Rabiul Awal kita jadikan Media dan sarana dalam mengumpulkan kaum muslimin melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M dengan tujuan untuk menanamkan, memupuk, dan menambah rasa cinta (Mahabbah) kita kepada Rasullullah SAW untuk mengungkap kembali sejarah kehidupan Rasullullah SAW untuk di teladani baik dalam bidang sosial, akidah sekaligus menggugah kembali kesadaran kita khususnya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan dinas pendidikan agar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT lebih mantap, untuk pengabdian terhadap negara dan bangsa khususnya dalam dunia pendidikan. tambah ilyas.

“Mari kita fahami kembali sejarah perjuangan Nabi Besar Muhammad SAW, dan mengimplementasikannya pada dunia pendidikan sehingga generasi muda dan juga pegawai Disdik bisa memahami dan mengerti menjadi pedoman hidup. Ini bukan hanya kegiatan serimoni, hanya melepas beban, tapi petik hikmahnya,”pinta ilyas.

Ustadz Drs H Samin Pane MA dalam tausia singkatnya memberikan gambaran tentang tugas dan sifat nabi semasa menyebarkan agama Islam. Al ustaz Samin Pane saat menyampaikan tausiah pada acara Maulid Nabi SAW Douala disdik Batubara Selama menyampaikan isi ceramah ustad Sampan panggilan akrab Ustad Samin Pane, tak jarang sang Ustadz membuat para jemaah tertawa, namun ceramahnya tak lepas dari kehidupan Nabi Muhammad SAW. Pane juga menyampaikan empat pesan kepada seluruh yang hadir, pertama jangan kerjakan semua kerjaan. Artinya jangan kerjakan bukan pada bidangnya. Kedua, jangan belanjakan semua yang ada, ketiga lupakan kebaikan kita dan ingat kebaikan orang, keempat ingat kejahatan kita, lupakan kejahatan orang.

“Tugas Nabi itu merubah yang ingkar menjadi beriman, yang bodoh menjadi pintar. dan sifat Nabi ada empat, yaitu Shiddiq (jujur), amanah (dapat dipercayaya), Tabligh (menyampaikan), Fhatonah (Cerdas). Semoga kedepannya daerah ini mendapat barokah ditangan kepemimpinan Bupati Ir Zahir MAP, sehingga Batubara tidak cuma dihitung hitung, tapi harus menjadi Kabupaten diperhitungkan,” jelas Ustadz. Hadiri pada peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW selain Plt Kadisdik Ilyas S Sitorus SE MPd, Wakapolres Batu Bara Kompol H. Herwansyah Putra, S.H, M.Si, Pejabat Dilingkungan Disdik Kabupaten Batu Bara, Korwas Admin, Pengurus MKKS, K3S, Kepala Sekolah dan perwakilan guru dibawah naungan Disdik Batu Bara.(MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru