SUMUT

NASIONAL

Go...go...go....Samosir! Tobasa and Humbahas!

Jumat, 24 Januari 2020 | 11.55 WIB
Kali Dibaca |


Oleh : Roska Choi Sihombing

Menyenangkan jika semua pihak bergairah memajukan Tanah Batak! Bukan hanya infrastruktur yang menjadi  faktor utama terwujudnya tanah Toba sebagai daerah wisata International yang layak namun juga persiapan masyarakat Toba dalam berbenah diri.

Masyarakat yang ramah, sopan dan bersahabat adalah kunci utama kesejukan dalam berwisata! Masyarakat Bataklah yang menjadi kunci betahnya turis ber-rekreasi. Oleh karena itu budaya turis internasional harus diterapkan yakni sikap yang ramah, sopan, peduli, jujur, penolong dan raut wajah yang penuh senyuman!

Disamping kebajikan tersebut tuntutan lain adalah kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sekalipun “marpasir-pasir” kata istilah orang Batak. Ini sangat penting! Mengapa? Karena para turis asing tidak akan berbahasa Batak melainkan bahasa global dunia, yakni bahasa Inggris, sekalipun mungkin “marpasir-pasir”. Kemampuan berbahasa Inggris yang simpel dan fungsional akan menambah nikmatnya berwisata di Batak Land.


Oleh karena itu, Sing Your English (SYE) selain di Pulau Samosir, kami juga telah hadir di Tobasa dan Humbahas! SYE disambut baik di Tanah Batak, pertama-tama oleh Bapak Bupati Samosir, Ibu Bupati Tobasa dan Bapak Bupati Humbahas beserta masing-masing kepala Dinas Pendidikan.

Mereka tahu betul rahasia sukses yang sesungguhnya, yakni kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan percaya diri! Oleh sebab itu mereka sangat menekankan agar putra-putri Batak dapat dipersiapkan khususnya  dalam mendukung Tanah Toba menjadi destinasi wisata International. Bersyukur sekali jika saat ini SYE ada di sekolah-sekolah untuk memberikan semangat, motivasi dan dorongan kepada siswa-siswi untuk dapat percaya diri meniti masa depan dengan Bahasa Inggris.

Tentu kedepannya akan banyak lapangan pekerjaaan. Sayang sekali jika pekerjaan yang selayaknya tersedia untuk putra-putri Batak di hotel-hotel, restoran-restoran International dan di cafe-cafe akhirnya diambil alih oleh orang lain yang datang dari luar Tapanuli hanya karena kurang percaya diri berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang sederhana! Mari, beri kesempatan bagi putra-putri Batak untuk maju. Kami, Team Melodi Inggris Ceria - SYE siap maju bersama putra-putri Batak demi Indonesia Jaya!

Horas! Horas! Horas!.
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru